Penyangga Perut Hamil Solusi Mencegah Keguguran

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sebagian orang menganggap bahwa penyangga perut merupakan alat yang kurang penting bahkan menentangnya. Namun, sebagian lainnya masih tetap menggunakan penyangga perut ibu hamil sebagai solusi yang aman untuk merawat kehamilan. Ya, setiap orang memiliki opini atau pendapat yang berbeda-beda mengenai penggunaan penyangga perut atau maternity belt ini.

Maternity belt merupakan sabuk penyangga perut Ibu hamil selama masa kehamilan, memberikan banyak manfaat untuk menjaga kandungan secara extra dari berbagai kesibukan yang dilakukan Ibu hamil yang jika tidak segera diantisipasi dapat menyebabkan keguguran. Berikut beberapa manfaat penggunaan penyangga perut Ibu hamil diantaranya :

  1. Menjaga Stabilitas Tulang Belakang Ibu Hamil

Stabilitas tulang belakang sangat perlu untuk dijaga bagi para Ibu yang sedang hamil. Penyangga digunakan untuk menjaga ketahanan pada otot-otot yang berada disekitar tulang belakang ibu hamil. (Faries and Greenwood, 2007).

  1. Menjaga Perubahan Fisiologis

Perubahan fisiologis pada Ibu hamil ketika mengandung seperti terjadi pembesaran uterus yang berdampak pada perubahan central of gravity ke arah anterior dan bertambahnya berat badan

  1. Menjaga Terjadinya Lordosis

Hipermobilitas dan simpisis pubis bisa mengakibatkan postur pada lumbal menjadi lordosis. Seiring berjalannya waktu maka akan bertambahnya usia kehamilan pada Ibu hamil, lordosis lumbal dapat menyebabkan penekanan pada punggung bagian bawah yang bisa  mengakibatkan rasa nyeri. Lordosis juga berdampak pada penurunan stabilitas lumbal, resiko cidera, dan bisa menurunkan aktifitas gerak Ibu hamil (Mclester, J. and Pierre, S.P., 2008).

Menurut Kibler et, al. (2006), bahwa core stability adalah kemampuan untuk mengontrol posisi dan gerak lumbal, panggul dan kaki serta mengoptimalkan produksi transfer dan kontrol serta kekuatan dan gerakan terpadu dalam aktifitas rantai kinetik. Otot-otot core ini terdiri dari Diafragma, Transverse Abdominis, Multifidus dan Pelvic Floor. Keempat otot dalam waktu bersamaan berfungsi dalam menjaga tekanan intra abdominal yang bertujuan mengurangi beban kerja dan menjaga stabilitas tulang belakang Ibu hamil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here