Penyebab Bau Badan yang Mengganggu

SehatFresh.com – Memiliki tubuh yang wangi merupakan impian setiap orang. Tak hanya perempuan yang menginnginkan tubuh yang wangi, para pria juga tak mau kalah dalam urusan ini. Banyak orang yang memakai parfum atau minyak wangi untuk mendukung penampilan dan membuat mereka lebih percaya diri, karena tubuh mereka wangi. Tak hanya parfum, deodoran juga digunakan untuk menunjang penampilan dan menghindari bau badan.

Bau badan merupakan masalah yang cukup mengganggu dan dikeluhkan oleh banyak orang. Mungkin saja Anda salah satunya dan Anda juga mungkin tidak tahu apa penyebab bau badan tersebut. Bau badan timbul karena beberapa faktor yaitu sebagai berikut :

  • Stres

Stres menjadi salah satu penyebab bau keringat. Ini karena keringat dihasilkan oleh kelenjar apokrin. Kelenjar apokrin ini menghasilkan keringat yang kurang berair dan bakteri dari lemak dan protein yang bercampur.

  • Minuman beralkohol

Ketika Anda meminum minuman beralkohol Anda tentu akan berkeringat, zat yang ada dalam minuman akan mengalir dalam darah Anda dan keluar melalui kulit, sehingga menghasilkan bau yang sama ketika tubuh memecahkan baunya.

  • Diabetes

Insulin yang tidak cukup mengakibatkan tubuh mulai memecah lemak untuk bahan bakar yang menyebabkan terbentuknya keton dalam tubuh. Menurut MayoClinic, penumpukan tersebut bisa menghasilkan bau badan dan mungkin tanda Anda perlu ke dokter.

  • Pakaian

Pakaian juga merupakan salah satu penyebab bau badan. Jika pakaian yang Anda gunakan sudah terlalu lama digunakan, maka pakaian Anda akan menjadi tempat bertumpuknya keringat. Ada baiknya jika Anda tidak mengunakan satu pakaian dalam waktu yang terlalu lama.

  • Brokoli

Ada benarnya jika ada yang bilang bawang akan menghasilka keringat yang lebih berbau. Namun tidak hanya itu, brokoli dan kubis brussel serta beberapa sayuran yang termasuk cruciferous juga dapat menimbulkan bau badan yang tidak sedap.

  • Tembakau

Bagi Anda seorang perokok, jangan heran jika bau badan Anda menjadi tidak sedap. Hal ini dikarenakan asap yang keluar akan berkontaminasi dengan unsur lain dan akan keluar melalui kelenjar keringat hingga menimbulkan bau badan yang tak sedap.

Ada beberapa cara lain untuk menghindarkan Anda dari bau badan, beberapa diantaranya seperti memperbanyak konsumsi buah dan sayur sayuran, daun sirih, daun kemangi, cuka putih, daun beluntas, dan mentimun.

Sumber gambar : baubadan.org

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY