Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Dok, saya sering tidak pede karena nafas saya bau. Apalagi saya kerja di bagian FO (Front Office). Padahal saya rajin gosok gigi. Kenapa ya, Dok? Demikian pertanyaan SahabatSehat.

Jawaban :  

Bau mulut yang tidak sedap seringkali membuat merasa tidak pede dan tidak menyenangkan bagi mereka yang kita ajak bicara. Banyak hal yang menyebabkan mulut berbau tidak sedap, diantaranya :

  • Gigi yang berlubang
  • Lidah yang berjamur.
  • Pencernaan yang bermasalah.
  • Usus besar yang kotor.
  • Fungsi pankreas yang menurun.

Begitupun sahabatSehat ini yang sedang alami, itu juga merupakan gejala awal akan munculnya masalah diabetes melitus lho. Entah puluhan tahun yang akan datang, bahkan bisa lebih cepat tergantung pola makan dan pola hidup SahabatSehat.

Berikut acam-macam penyebab bau mulut yang perlu SahabatSehat ketahui:

  • Produk Susu. Keju dan produk susu lainnya kaya akan protein, sehingga menjadi santapan lezat tak hanya bagi anda tapi juga bagi bakteri penyebab bau mulut.
  • Alkohol bisa mengurangi produksi air liur di dalam mulut, dan bakteri amat menyukai lingkungan yang kering.
  • Bukan cuma membuat gigi Anda berlubang, gula juga merupakan sumber makanan bagi bakteri.
  • Bawang Putih. Bawang putih kaya akan kandungan sulfur yang sudah cukup dikenal sebagai penyebab bau mulut. Bahkan tidak hanya mulut Anda saja yang bau apabila mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak, namun juga keringat Anda.
  • Merokok membuat mulut Anda kering dan menjadi sarang yang nyaman bagi bakteri. Selain itu, kombinasi lebih dari 4000 zat kimia dalam rokok yang berkumpul di dalam mulut Anda sudah pasti akan menciptakan aroma kurang sedap.

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang saatnya kita melakukan tindakan-tindakan untuk mencegah maupun mengatasi bau mulut. Hal yang paling utama adalah menjaga mulut anda tetap bersih dan harum dengan rajin-rajin menyikat gigi, menggunakan obat kumur atau permen pengharum nafas. Hal lainnya juga yang dapat dilakukan, yakni dengan menggunakan :

  • Saat meminum segelas atau dua gelas air, otomatis kotoran yang tersisa di mulut yang mungkin menyebabkan bau mulut akan digelontor habis. Minum air yang cukup juga memastikan produksi air liur Anda tetap terjaga.
  • Baik dikonsumsi dalam bentuk kapsul maupun cair, klorofil atau zat hijau daun terbukti dapat menyebabkan nafas segar dan mulut lebih bersih. Kalau tak ada stok klorofil di rumah, kunyah saja beberapa helai daun kemangi atau seledri.
  • Rempah-rempah. Beberapa jenis rempah mampu membuat nafas Anda harum. cengkih, anis, jintan, peppermint, dan ketumbar sudah digunakan sejak jaman dulu sebagai pengharum nafas. Banyak cara mengkonsumsinya, namun yang paling efektif adalah dengan mengunyahnya.

Berdasarkan pertanyaan SahabatSehat di atas. Bagaimana cara mengatasi atau mencegah bau mulut tidak sedap? Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.

  1. Gosok gigi yang rajin dan bersih sehabis makan minimal selama dua menit.
  2. Tidak makan makanan dan minuman yang biasanya membuat mulut bau.
  3. Hindari permen yang menimbulkan bau mulut setelah permennya habis.
  4. Rawat gigi kita ke dokter gigi dan cek up minimal dua kali setahun.
  5. Minumn air putih yang banyak dan cukup.
  6. Bersihkan lidah kita dari kuman dengan sikat lidah, sendok, sikat gigi, dsb.
  7. Gunakan semprotan mulut penghilang bau.
  8. Rajin berkumur dengan cairan pembersih mulut khusus untuk kumur.
  9. Kebiasaan buruk merokok ditinggalkan saja.
  10. Hindari banyak makan makanan berminyak ketika sahur.
  11. Makan makanan yang berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan segar.
  12. Minum yogurt, mengonsumsi vitamin C dosis tinggi dan mengunyah tumbuhan seperti daun ketumbar, ekaliptus, taragon, dan lain sebagainya.

Bau mulut yang tidak sedap dapat diakibatkan oleh berbagai macam faktor antara lain karena kondisi gigi yang berlubang, atau mungkin ada permasalahan pada amandel. Harus diperiksa terlebih dahulu. Semoga bau mulut yang Anda derita bisa hilang 100% atau minimal berkurang baunya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY