Penyebab Bayi Rewel Dan Menangis

SehatFresh.com – Salah satu hal yang kadang menjengkelkan ketika Anda mempunyai bayi adalah tangisannya, apalagi bagi Anda yang baru pertama kali mempunyai anak. Anda akan merasa lebih jengkel karena Anda belum terbiasa dengan hal tersebut. Ketika bayi menangis Anda tidak dapat membujuknya untuk diam, sering kali orang tua menjadi cemas dan bingung. Padahal kondisi tersebut dapat disebabkan bayi tidak nyaman atau memang ada masalah kesehatan bayi. Agar bayi tidak rewel dan segera berhenti menangis, Anda harus tahu penyebab tangisannya lebih dulu. Bayi biasanya terbangun tengah malam karena berbagai hal dan menuntut perhatian. Umumnya, pada saat lewat tengah malam bayi akan terjaga karena haus, dan memang itulah waktu favoritnya untuk sedikit bermain-main.

Beberapa penyebab bayi menangis antara lain :

  • Haus/Lapar

Tentu saja bayi baru lahir tidak boleh memakan apapun kecuali air susu ibu. Untuk itu, untuk masalah ini, Anda bisa segera menyusui anak Anda. Jika anak Anda segera diam dan menetek, berarti memang benar, tangisannya dikarenakan lapar.

  • Popok basah

Ketika bayi Anda rewel, bisa juga dikarenakan dia tidak nyaman karena popoknya basah. Anda harus memeriksanya untuk memastikan dan kemudian menggantinya dengan popok baru yang kering.

  • Gerah

Mungkin ketika bayi merasa gerah, dia juga akan rewel. Sama dengan bayi ketika dia merasa kedinginan. Cobalah untuk melepaskan beberapa lapis pakaian yang dikenakan oleh bayi Anda.

  • Ingin menghisap

Menghisap adalah suatu kebiasaan refleks yang dimiliki oleh bayi. Jika Anda memberikan puting susu kemudian ditolak, cobalah memberikan tangan yang bersih atau dot.

  • Lelah

Bayi akan terdengar lebih rewel ketika tidurnya terganggu. Bayi baru lahir biasanya tidur selama 16 jam dalam sehari, bahkan beberapa bayi tidur lebih lama dari itu.

  • Ingin bergerak

Bergerak atau berubah posisi bisa jadi keinginan bayi ketika dia menangis. Seperti halnya kita yang juga merasa bosan dan pegal dengan posisi badan yang begitu-begitu saja ketika tidur. Mungkin Anda bisa melepaskan bedongnya untuk waktu-waktu tertentu untuk membuatnya bergerak bebas.

  • Merasa kesepian

Terkadang, bayi akan menangis ketika merindukan orang tuanya dan merasa kesepian. Ketika Anda mengajaknya untuk bercanda, mungkin tangisannya akan berubah menjadi tawa lepas.

Bayi dapat menangis oleh hal-hal yang sederhana seperti kegerahan atau kedinginan. Jadi, Anda harus benar-benar peka dengan apa yang terjadi pada bayi Anda. Bisa jadi, jika Anda terlambat mengambil tindakan, bayi Anda ngambek dan sulit untuk diredakan kerewelannya. Mungkin, Anda harus sedikit hiperaktif dengan bayi yang baru lahir. Ketika bayi Anda tampakkurang sehat, segeralah bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan segera.

Sumber gambar :  gigisusu.net

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY