Penyebab Benjolan Pada Payudara

SehatFresh.com – Suatu benjolan payudara merupakan pertumbuhan jaringan yang berkembang dalam payudara. Menemukan benjolan di payudara bisa menjadi sesuatu yang menakutkan. Sebagian besar benjolan payudara tidak berbahaya, tetapi penting untuk memeriksakannya ke dokter untuk eveluasi lebih lanjut.

Benjolan payudara dapat disebabkan oleh:

  • Kista payudara: Jika Anda menemukan benjolan payudara yang terasa bulat, halus dan kencang, hal tersebut mungkin mengindikasikan kista. Kista payudara bisa besar atau kecil, dan jaringan payudara di sekitarnya mungkin menjadi nyeri saat ditekan. Kista payudara dapat muncul sebelum periode menstruasi dan mungkin mengecil atau menghilang sesudahnya.
  • Perubahan payudara fibrokistik: Perubahan payudara fibrokistik ditandai dengan benjolan payudara non kanker yang sering menyebabkan rasa tidak nyaman dan sering bersifat periodik dengan pengaruh hormonal dari siklus menstruasi. Banyak wanita mengalami perubahan payudara fibrokistik terkait dengan siklus menstruasi mereka.
  • Fibroadenoma: Fibroadenoma merupakan tumor payudara non kanker yang halus dan bergerak dengan mudah di bawah kulit. Fibroadenoma dapat tumbuh lebih besar jika Anda sedang hamil atau menggunakan terapi hormon.
  • Luka atau infeksi: Cedera parah pada jaringan payudara atau saraf di dekatnya dapat menyebabkan benjolan payudara. Dokter menjelaskan kondisi ini sebagai nekrosis lemak. Kumpulan cairan yang terinfeksi (abses) dalam jaringan payudara juga dapat menyebabkan benjolan payudara yang sering dikaitkan dengan nyeri payudara terlokalisir.
  • Kanker payudara: Kanker payudara merupakan penyakit yang disebabkan oleh sel ganas (kanker) yang tumbuh pada jaringan payudara. Benjolan biasanya tidak menyakitkan, keras, bentuknya tidak beraturan dan berbeda dengan jaringan payudara di sekitarnya. Kulit yang menutupi benjolan mungkin terlihat merah, berlekuk atau berlubang seperti kulit jeruk. Ukuran dan bentuk payudara dapat berubah dan mungkin Anda melihat keluarnya cairan dari puting.

Jika Anda merasa memiliki benjolan di atas, segera hubungi dokter untuk evaluasi lebih lanjut. Dokter dapat membantu menentukan jenis benjolan dan melakukan pengobatan dengan segera.

Sumber gambar : cara-ngatasi.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY