Penyebab Benjolan pada Sendi Jempol Kaki (Bunion)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kaki merupakan bagian tubuh yang penting, salah satu fungsinya adalah dengan menopang badan saat sedang beraktivitas. Akan sangat sulit jika organ kaki mengalami sedikit gangguan saja, kadang dengan adanya luka sedikit pada kaki saja sudah membuat sulit untuk berjalan, lalu bagimana jika timbul benjolan pada kaki? Tentu saja itu akan mengganggu aktivitas Anda. Dalam artikel ini akan membahas mengenai penyakit timbulnya pembengkakan pada bagian kaki tersebut.

Bunion, ini merupakan nama penyakit yang mengakibatkan timbulnya benjolan yang terdapat pada sisi terluar ibu jari kaki. Ibu jari kaki akan terdorong dan menjadi miring ke satu sisi mendekati jari telunjuk kaki dan dapat menimbulkan rasa nyeri saat berjalan ataupun saat memakai alas kaki yang sempit.

Nama dari penyakit Bunion sendiri terdiri dari dua kata dasar yang berbeda yaitu Hallux dan juga Valgus, Hallux memiliki arti sebagai jempol kaki, sementara valgus adalah pembesaran yang terjadi pada sendi tulang ke arah luar dari sumbu tubuh.

Bunion dapat terbentuk saat kondisi keseimbangan sendi ibu jari kaki dan telapak kaki mengalami gangguan. Gangguan ini menyebabkan sendi menjadi tidak stabil dan mengalami bunion sehingga ibu jari menjadi miring ke arah jari lainnya. Tumbuhnya Bunion yang semakin membesar pada bagian kami maka tingkat kemiringan pada bagian jempol kaki Anda pun akan turut meningkat.

Anda tentunya ingin mengetahui mengenai apa saja faktor penyebab yang dapat menimbulkan penyakit yang satu ini. Berikut adalah beberapa penyebabnya dan penjelasannya:

  • Penggunaan Sepatu. Penggunaan sepatu yang biasanya sering Anda gunakan dalam melakukan berbagai macam aktivitas keseharian juga menjadi faktor penyabab utama terjadinya penyakit bunion tersebut. Hal ini dikarenakan sepatu yang Anda gunakan tersebut berukuran lebih kecil, dan juga membuat kaki Anda terjepit saat menggunkannya. Dengan jempol yang terjepit tersebut, maka sudah tidak diragukan lagi untuk timbulnya penyakit yang satu ini. Oleh sebab itulah, banyak diantaranya wanita yang mengalami penyakit valgus tersebut.
  • Cara Berjalan. Cara berjalan Anda yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan terjadinya gerakan serta bentuk tekanan yang tidak normal, terutama berakibat pada bagian sendi. Karena itulah cara berjalan juga mempengaruhi jenis penyakit yang satu ini.
  • Genetik/Keturunan. Penyakit Bunion, memang bukan jenis penyakit yang berasal dari keturunan atau terjadi secara genetik. Akan tetapi, pada dasarnya setiap keluarga, yang sudah memiliki anak, tentunya akan memilimki bentuk kaki yang tidak jauh berbeda dan bahkan serupa dengan bentuk kaki yang dimiliki oleh kedua orang tuanya. Seperti halnya pada jenis kaki yang datar, dan biasanya beresiko tinggi untuk mengalami bunion, maka hal ini akan semakin memburuk apabila orang tersebut juga menggunakan jenis sepatu dengan ukurannya yang jauh lebih kecil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY