Penyebab Bibir Pecah-pecah Ketika Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memperhatikan asupan cairan dan nutrisi penting dilakukan saat berpuasa. Kebutuhan cairan yang cukup membuat tubuh segar bugar dan terhindar dari gangguan kesehatan. Kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi yang menimbulkan gangguan kesehatan, salah satunya bibir kering dan pecah-pecah.

Bibir kering dan pecah-pecah sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman saat makan. Untuk itu, pastikan cukupi kebutuhan cairan saat makan sahur.

Jika terlanjur mengalami bibir kering dan pecah-pecah, segera atasi agar tidak tersiksa dengan rasa perih dan tidak nyaman pada bibir. Bagaimana caranya? Intip beberapa tips dibawah ini :

  • Hindari kebiasaan menjilat bibir. Menjilat bibir sering dianggap membantu melembabkan bibir, kebiasaan salah tersebut justru memperburuk kondisi kulit bibir. Air liur yang menempel pada bibir justru membuat bibir lebih kering, karena itu hindari kebiasaan menjilat bibir.
  • Membantu mengelupas kulit bibir. Mengurangi rasa tidak nyaman akibat bibir kering, Anda bisa membantu mengelupas kulit bibir. Caranya dengan membasahi kapas menggunakan air hangat, lalu oleskan pada bibir hingga kulit kering terkelupas. Jangan menggosok terlalu keras agar tidak melukai bibir.
  • Oleskan lip balm. Lip balm membantu menjaga kelembaban bibir Anda sehingga masalah bibir kering dan pecah-pecah bisa berkurang.
  • Oleskan madu dan minum. Madu terbukti ampuh mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Madu membantu menjaga kesehatan Anda selama menjalankan ibadah puasa. Oleskan madu pada bibir saat tidur, dan minum madu saat berbuka puasa dan makan sahur akan membuat kondisi Anda semakin membaik.
  • Konsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran kaya nutrisi yang menyehatkan tubuh dan mengatasi bibir kering. Pastikan konsumsi buah dan sayuran saat sahur dan buka puasa yang mengandung banyak air, vitamin dan mineral yang bagus untuk menghindari bibir kering dan pecah-pecah.
  • Kurangi makanan pedas dan asin. Makanan pedas memang nikmat dan menggugah selera, namun berlebihan mengonsumsinya akan memperburuk kondisi bibir Anda. Kurangi konsumsi makanan pedas dan asin.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY