Penyebab Bokong Wanita Sakit saat Haid

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Satu bulan sekali seorang wanita pasti akan mengalami menstruasi. Meski hanya satu bulan sekali, banyak sekali keluhan yang dirasakan oleh wanita, mulai dari perut sakit, pusing, nyeri pinggul dan lain sebagainya. Meski tidak banyak, beberapa orang juga terkadang merasa tidak nyaman saat menstruasi karena merasa sakit pada bokong.

Bagaimana bisa terjadi menstruasi membuat bokong sakit? Ada banyak penyebab bokong sakit saat haid diantaranya:

  1. Sembelit

Saat haid beberapa orang juga akan mengalami sembelit. Sembelit terjadi karena anda kurang mengonsumsi makanan berserat dan minum air putih. Sehingga saat haid sebaiknya banyak makan makanan berserat dan minum air putih sehingga tidak sembelit, dan tentunya akan terhindar dari bokong yang sakit saat haid.

  1. Otot tegang

Menurut seorang dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan dari Indiana University Health, penyebab bokong sakit ketika haid adalah ketegangan pada otot. Ketika haid ada tekanan yang cukup besar pada otot sehingga otot mengalami spasme yang akhirnya berdampak pada bokong yang terasa sakit.

Tapi tenang saja, ada cara untuk menangani ketegangan otot saat haid, anda perlu melakukan latihan fisik dan pijatan sehingga ketegangan otot berkurang, begitu juga dengan bokong yang sakit.

  1. Fibroid

Fibroid merupakan pertumbuhan jaringan non-kanker di rahim yang bisa terjadi selama bertahun-tahun. Fibroid ini dapat menyebabkan bokong sakit saat haid karena fibroid dapat menyebabkan rahim terdorong ke arah punggung atau tulang ekor sehingga menimbulkan rasa sakit.

  1. Endometriosis

Endometriosis bisa menyebabkan bokong sakit saat haid meski hanya ada 1 persen dialami wanita pada umumnya. Endometriosis adalah kondisi dimana terjadi pertumbuhan jaringan dinding rahim di luar rahim. Bisa jadi jaringan tersebut juga tumbuh di dekat saraf skiatik yang terhubung dengan bokong, sehingga membuat bokong terasa sakit, jika itu terjadi saat anda menstruasi.

  1. Rahim miring ke arah belakang

Umumnya rahim wanita itu miring ke depan, namun ada juga wanita yang memiliki rahim miring ke arah belakang. Saat rahim mengarah ke belakang itu mengarah pada punggung bawah dan tulang ekor. Oleh karena itu, bokong anda akan terasa sakit saat menstruasi.

Itulah beberapa penyebab bokong sakit saat haid, mungkin salah satu penyebab di atas terjadi pada anda sehingga bokong terasa sakit ketika anda merasa haid. Beberapa latihan fisik bisa menangani sakit bokong tersebut. Tapi jika sakit yang anda rasakan tidak sembuh setelah melakukan latihan fisik, anda bisa ke dokter dan meminta resep obat untuk menghilangkan rasa sakit pada bokong saat haid. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here