Penyebab Bronkitis pada Anak

www.parenting.co.id

SehatFresh.com – Bronkitis adalah infeksi atau peradangan yang terjadi pada saluran udara utama yang ke paru-paru atau yang disebut bronkus. Bronkitis pada anak bisa terjadi ketika virus penyebab flu, batuk, dan sinusitis menyebar sampai ke bronkus dan berkembang biak di sana.

Ketika kuman tersebut sudah berdiam dan berkembang biak dalam bronkus, maka saluran udara akan membengkak, meradang, dan dipenuhi lendir. Selain virus, bronkitis pada anak juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu alergi, infeksi bakteri, dan iritasi oleh karena asap polusi, asap rokok, dan debu.

Selain akut, bronkitis pada anak juga ada yang bersifat kronis. Bronkitis kronis pada anak memiliki gejala-gejala seperti di bawah ini:

  • Anak mengalami batuk terus-menerus yang disertai dengan keluarnya dahak berwarna bening, kuning, hijau, atau putih paling sedikit terjadi selama tiga bulan dalam setahun atau lebih dari dua tahun berturut-turut.
  • Anak kadang-kadang mengalami mengi atau napas yang berbunyi (wheezing) dan sesak napas.
  • Merasa sangat lelah.

Penyakit bronkitis di sebabkan oleh sebuah virus yang masuk kedalam tubuh manusia melalui saluran pernapasan dan penyakit ini bisa di sebabkan oleh asap kendaraan, asap rokok, asap pembakaran sampah, polusi udara, dan bisa juga disebabkan oleh makanan atau minuman yang tidak sehat dan tidak bersih. Anak-anak memang sering main sembarangan dan tidak peduli dengan bahaya yang akan terjadi jadi anda sebagai orang tua harus selalu menjaga anaknya agar mereka tidak mengalami hal-hal yang buruk, saat anak bermain sebaiknya orang tua memperhatikan kebersihan tempat bermain anak jangan biarkan anak anda bermain di tempat-tempat yang kotor karena terdapat banyak macam-macam kuman atau bakteri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Penyakit bronkitis pada anak bisa diatasi dengan berbagai macam obat atau tanaman herbal, obat herbal lebih baik untuk mengatasi penyakit bronkitis pada anak karena lebih aman dan obat herbal tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya dibandingkan dengan obat yang berbahan dasar kimia, menjaga kebersihan makanan dan minuman yang di komsumsi anak juga sangat penting karena terkadang anak-anak sering sekali jajan sembarangan di luar atau di tempat sekolah, maka dari itu anak perlu di berikan asupan nutrisi dan gizi yang baik agar mempunyai daya tahan tubuh yang kuat, karena daya tahan tubuh yang kuat tidak akan mudah untuk terserang berbagai kuman dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Penyakit bronkitis bisa menjadi dua bagian yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis bila anak anda mengalami gejala penyakit bronkitis sebaiknya anda langsung melakukan pengobatan yang tepat agar penyakit tersebut tidak berubah menjadi kronis, penyakit bronkitis yang masih akut akan lebih mudah untuk di sembuhkan daripada penyakit bronkitis yang sudah kronis jadi jangan biarkan anak mengalami bahaya dengan penyakit tersebut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY