Penyebab dan Cara Mencegah Kuku Cantengan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Paronychia atau cantengan adalah peradangan yang terjadi di daerah sekitar kuku yang ditandai dengan rasa nyeri berdenyut, bengkak, dan kemerah-merahan. Cantengan paling banyak terjadi pada daerah kuku ibu jari atau jempol kaki.

Kuku cantengan biasanya disertai dengan penumpukan cairan dan keluar nanah. Luka pada cantengan dapat terinfeksi dan pada area yang tertusuk kulitnya bisa mengalami peradangan serta tumbuh secara tidak normal. Apabila kuku tertekan sesuatu nyeri yang dirasakan akan semakin hebat.

Apa penyebab kuku cantengan?

Penyebab dari kuku cantengan bisa dari berbagai faktor, seperti memotong kuku terlalu pendek sehingga ujung kuku merobek kulit ketika tumbuh, memakai sepatu yang terlalu sempit, menendang sesuatu yang keras, tumbuhnya jamur pada kuku, gigitan atau kliping, dan gerakan kaki yang berhenti secara tiba-tiba ketika berolahraga, seperti basket dan bulutangkis sehingga kuku menghujam ke dalam kulit dan menimbulkan infeksi.

Bagaimana cara mencegah kuku cantengan?

Setelah mengetahui penyebab dan bagaimana gambaran tentang kuku cantengan, pasti anda ingin mengetahui bagaimana pencegahannya karena tentu anda tidak mau merasakan bagaimana nyerinya apabila kuku anda terkena cantengan. Cantengan pada kuku yang parah atau sudah lama biasanya tidak hanya menimbulkan nyeri atau pun nanah bahkan penderita dapat mengalami demam. Untuk mencegah hal-hal tersebut, anda dapat melakukan pencegahan dengan tips-tips berikut ini:

  1. Jangan terlalu pendek ketika memotong kuku hingga menimbulkan trauma atau luka pada kulit. Karena jika terlalu pendek kuku akan tumbuh ke samping dan menusuk daging tangan atau kaki.
  2. Jangan membentuk bulat ketika memotong kuku apalagi terlampau pendek. Kuku yang membulat akan membuat kuku tumbuh searah dengan guntingan kuku anda. Guntinglah kuku dengan bentuk datar sehingga kuku akan tumbuh lurus dan tidak menyebabkan kuku tumbuh ke dalam.
  3. Gunakan sepatu yang nyaman dan sesuai dengan ukuran kaki anda.
  4. Jangan gunakan sepatu yang sempit, hal itu akan menimbulkan tekanan pada kuku dan membuat kuku tumbuh ke samping
  5. Untuk menghindari masuknya kotoran ke kuku seperti pasir, tanah dan lain-lain, sebaknya gunakan sepatu yang tentunya nyaman, bila perlu gunakan kaos kaki.
  6. Gunakan kikir khusus kuku untuk menyingkirkan kulit-kulit keras atau kulit mati di sekitar kuku.
  7. Selalu menjaga kebersihan kaki dan tangan. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY