Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bau mulut menjadi salah satu hal yang biasa dialami oleh orang yang menjalankan ibadah puasa. Hanya saja bau mulut bisa menjadi problem, ketika seseorang harus berkomunikasi dengan orang lain dalam aktivitas pekerjaaan. Lantas apa penyebab bau mulut dan bagaimana cara mengatasinya?

Faktor penyebab timbulnya bau mulut saat berpuasa

Seperti yang diketahui jika di dalam mulut seseorang terdapat banyak bakteri yang bisa mengubah sisa makanan menjadi gas sulfur. Kemudian kondisi itulah yang menyebabkan bau mulut seseorang muncul, tidak terkecuali saat menjalankan ibadah puasa.

Saat kondisi tidak berpuasa, maka mulut dapat menghasilkan saliva. Namun saat seseorang berpuasa, maka produksi saliva mengalami pengurangan. Dengan berkurangnya produksi saliva mengakibatkan bakteri berkembang biak dengan cepat. Hal itulah yang menyebabkan munculnya bau mulut.

Penyebab lain munculnya bau mulut bisa juga diakibatkan dari dalam tubuh. Misalnya saja ketika seseorang menderita penyakit maag atau diabetes. Kondisi dari dalam perut yang tidak sehat bisa mengakibatkan munculnya bau mulut pada seseorang.

Tips mengatasi bau mulut saat berpuasa

  1. Seseorang bisa mengatasi bau mulut dengan meminum air putih antara 8 hingga 10 gelas saat sahur dan berbuka. Meminum air putih yang cukup mampu mencegah bau mulut pada siang hari. Air putih dapat meningkatkan produksi saliva, sehingga kebersihan mulut tetap terjaga selama berpuasa.
  2. Seseorang bisa mengatasi bau mulut dengan menggosok gigi dan membersihkan lidah. Menggosok gigi dan membersihkan lidah juga bisa mengurangi bau mulut ketika menjalani ibadah puasa. Menggosok gigi memiliki tujuan guna membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang menyebabkan bau tidak enak.
  3. Seseorang bisa mengatasi bau mulut dengan meminum teh hijau tanpa gula. Minumlah teh hijau tanpa gula ketika sahur dan berbuka. Teh hijau mempunyai zat polyphenol yang bermanfaat membersihkan bakteri di mulut.
  4. Seseorang bisa mengatasi bau mulut dengan menghindari makanan berbau tidak sedap. Selama menjalani ibadah puasa tidak ada salahnya untuk menghindari makanan yang berbau tidak sedap seperti jengkol, petai atau durian.
  5. Seseorang bisa mengatasi bau mulut dengan mengurangi aktivitas merokok. Seperti yang diketahui jika merokok juga memiliki kontribusi pada munculnya bau mulut. Alhasil selama menjalani ibadah puasa, hindarilah aktivitas merokok untuk menjaga mulut dari bau tidak sedap.
  6. Seseorang bisa mengatasi bau mulut dengan menghindari makanan yang lengket. Tidak dipungkiri jika makanan lengket yang menempel di gigi, sulit untuk dibersihkan. Kondisi tersebut bisa saja menyebabkan bau mulut, akibat gigi tidak bersih. Makanan lengket yang dimaksud seperti es krim, cokelat, biskuit atau kue-kue basah.

Seseorang bisa mengatasi bau mulut dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur dapat mengatasi bau mulut secara maksimal, karena bisa membersihkan pada posisi yang tidak bisa dijangkau sikat gigi. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here