Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Cegukan atau singultus merupakan kontraksi secara tiba-tiba dan tidak disengaja yang terjadi pada diafragma atau membran otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut, dan umumnya terjadi secara berulang-ulang setiap menitnya. Kondisi ini bisa dialami oleh semua orang, termasuk bayi.

Sering kali orang tua yang memiliki bayi di bawah umur satu tahun khawatir jika cegukan. Sebaiknya tetap tenang dan tidak panik jika buah hati mengalami cegukan sewaktu-waktu.

Bayi cegukan bisa terjadi oleh beberapa faktor, dibawah ini merupakan penyebab cegukan, diantaranya:

  1. Posisi menyusui yang salah

Bayi seringkali menelan udara terlalu banyak saat diberi Air Susu Ibu (ASI) sehingga menyebabkan bayi cegukan. Kedua, bisa jadi puting tidak masuk ke dalam mulut secara menyeluruh. Bayi yang minum susu terlalu cepat juga berpeluang mengalami cegukan.

  1. Penurunan suhu secara ekstrim

Bayi mengalami perubahan suhu secara mendadak dan merasa kedinginan mampu menjadi pemicu terjadinya cegukan pada bayi.

  1. Lubang dot yang terlalu lebar

Lubang dot terlalu besar menyebabkan susu mengalir terlalu deras dan bayi minum susu dengan cepat sehingga menyebabkan cegukan.

  1. Stress

Bisa jadi bayi Anda mengalami stress sehingga mengalami cegukan

Setelah mengetahui penyebab terjadinya cegukan, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa tips dibawah ini:

  1. Ubah posisi menyusui

Pastikan posisi kepala bayi lebih tinggi dari perut namun jangan dalam ditekuk pada bagian leher. Hentikan kegiatan menyusui sementara waktu sampai cegukan berhenti.

  1. Usahakan buat bayi Anda bersendawa setelah mendapat ASI

Dengan bersendawa itu berarti udara berlebih dalam perut bayi keluar. Sendawa mampu melepaskan kejang otot sehingga menghentikan cegukan yang dialami oleh bayi. Rangsang buah hati Anda untuk bersendawa dengan cara menepuk punggung dengan lembut sambil menggendongnya. Cara ini dapat dilakukan satu sampai dua menit sampai bayi bersendawa.

  1. Tenangkan Bayi

Seringkali saat bayi dehidrasi, bayi meminum susu dengan cepat dan bersemangat. Hal ini bisa menjadikan bayi tersedak dan cegukan. Jika terjadi hal demikian alangkah baiknya Anda tenangkan bayi dengan menggosok punggung bayi dengan lembut dan perlahan. Peluk bayi Anda beberapa saat jika mengalami cegukan, hal ini mampu meredakan cegukan dalam beberapa menit.

  1. Gunakan botol susu yang baik

Jika bayi Anda minum susu melalui botol dot usahakan menggunakan dot dengan lubang yang kecil. Hal ini agar sang bayi mampu mengatur ritme minum dengan baik.

Semoga informasi diatas berguna bagi Anda orangtua yang sedang memiliki bayi atau yang baru memiliki bayi. Terapkan cara-cara diatas untuk mengatasi cegukan pada bayi Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY