Penyebab dan Cara Mengatasi Lingkaran Hitam pada Leher

blogspot.com

SehatFresh.com – Banyak orang merasa kurang nyaman dengan penampilan leher bagian belakang hitam. Hal ini merupakan gangguan kulit yang cukup umum dan biasa disebut acanthosis nigricans. Meskipun begitu perlu diketahui bahwa ini bukanlah infeksi dan tidak menular, kurang lebih sama seperti jerawat dan tidak berbahaya.

Penyebab leher belakang hitam

Bertambahnya usia dan sengatan sinar matahari menjadi penyebab utama warna kulit di belakang leher menjadi gelap. Penyebab lainnya, yaitu diabetes, kelainan genetis, perliaku sehari-hari yang tidak bersih, dan juga bertambahnya atau berkurangnya berat badan secara tiba-tiba. Kondisi ini bisa diatasi dengan dibersihkan, digosok, dan dilembabkan menggunakan berbagai macam pilihan bahan alami atau tradisional.

Gejalanya yaitu terlihat warna kehitaman atau gelap dan penebalan pada kulit di bagian belakang leher atau tengkuk, seperti daki yang menumpuk. Untuk beberapa kasus yang langka sedikit rasa gatal biasanya akan terasa pada daerah tersebut.

Guratan hitam ini disebut acanthosis nigricans. Guratan hitam ini menandakan seseorang mengalami resistensi insulin. Resistensi insulin ini menjadi tanda terjadinya kondisi pra-diabetes melitus tipe dua, yaitu tahapan sebelum menjadi diabetes.  Timbulnya acanthosis nigricans bisa dipicu akibat kelebihan berat.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi leher bagian belakang hitam :

  • Timun bisa juga digunakan untuk membersihkan leher bagian belakang yang gelap. Timun mampu mendinginkan kulit dan membantu memperbaiki sel kulit, mengganti sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit. Caranya, yaitu oleskan timun yang sudah diblender ke bagian leher bagian belakang dan gosok dengan lembut sekitar 10 menit. Bilas dengan air dingin atau air mawar bila ada. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan kulit leher yang lebih putih dan cerah.
  • Jeruk lemon, kandungan asam sitrat yang tinggi pada lemon adalah elemen yang dapat mencerahkan/memutihkan secara alami, sangat ampuh untuk membersihkan daki yang membandel pada leher. Selain itu vitamin C yang cukup banyak terkandung di dalamnya bisa meregenerasi sel kulit mati. Maka dari itu, lemon sangat cocok untuk mengatasi warna gelap di belakang lahir. Caranya, yaitu oleskan air jeruk lemon pada bagian kulit dengan bola kapas. Jika kulit kamu cenderung sensitif, campur dengan sedikit air. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air dingin. Pastikan tidak membiarkan kulit terpapar sinar matahari langsung setelah menggunakan air jeruk lemon ini. Pilihan lainnya, campur air jeruk lemon dan air mawar sebanyak 1 : 1. Oleskan pada bagian leher sebelum tidur di malam hari. Lakukan rutin setiap hari selama sebulan untuk melihat hasilnya.
  • Kulit jeruk bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah leher bagian belakang Anda yang gelap. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya sangat membantu mencerahkan kulit. Caranya, yaitu jemur kulit jeruk di bawah sinar matahari sampai mengering. Blender sampai jadi bubuk. Tambahkan susu cair dalam jumlah yang sama. Oleskan di sekitar leher yang bermasalah dan biarkan mengering. Bilas dengan air dingin. Cara lainnya, parut kulit jeruk dan tambahkan air jeruk. Oleskan di leher dan biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan setiap hari.
  • Minyak zaitun minyak zaitun atau olive oil membantu melembabkan kulit dan merawatnya, itu sebabnya minyak ini menjadi salah satu bahan untuk perawatan kecantikan di rumah yang bisa kamu coba. Caranya, yaitu campur minyak zaitun dan jus lemon, oleskan pada leher yang menghitam. Biarkan selama kurang lebih 20 menit untuk mengurangi warna gelap pada leher.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY