Penyebab dan Cara Mengatasi Vagina Pendek

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Vagina adalah bagian dari tubuh wanita yang menghubungkan uterus (rahim) dan leher rahim ke luar tubuh. Vagina merupakan tabung berotot yang dilapisi dengan selaput lendir. Vagina memiliki panjang sekitar 7- 9 cm, memanjang dari serviks, uterus sampai ke lubang vagina.

Lubang vagina berfungsi sebagai tempat keluarnya menstruasi, membentuk bagian terbawah dari jalan lahir, ejakulasi saat berhubungan seksual, dan tempat masuknya penis.

Pernahkah anda mengeluh kenapa penis suami tidak bisa masuk, apakah vagina terlalu pendek? Tenang saja, bukan hanya anda yang memiliki keluhan seperti itu. Memang ada beberapa wanita yang mengeluh bahwa lubang vaginanya merasa pendek atau sempit.

Pada umumnya, lubang vagina sesorang wanita dapat mengakomodasi segala ukuran penis. Namun beberapa wanita yang baru pertama kali melakukan hubungan seksual kadang harus memiliki waktu untuk penyesuaian agar dapat melakukan aktivitas tersebut dengan nyaman dan menikmatinya.

Sebenarnya ukuran pendek atau panjangnya vagina setiap wanita itu berbeda-beda. Tergantung anggapan masing-masing wanita. Untuk mengetahui apakah vagina anda pendek, biasanya anda akan mengalami hal seperti berikut :

  • Setelah hubungan seksual anda akan merasa sangat sakit
  • Sensasi perih pada vagina akan meningkat saat penetrasi
  • Saat anda memasang tampon akan terasa sangat sakit
  • Pada jangka panjang, masalah ini dapat menyebabkan kehilangan gairah seksual akibat rasa takut terhadap penetrasi yang tidak nyaman.

Penyebab

Ada beberapa hal yang menyebabkan vagina anda pendek, yaitu kemungkinan seperti :

  1. Mungkin dari anda pernah mengalami ketidaknyamanan sebelumnya saat berhubungan seks, yang mana dapat membuat otot vagina bereaksi menutup sebagai cara melindungi diri dari ketidaknyamanan tersebut.
  2. Ketika hubungan seks merasa sakit dapat disebabkan oleh infeksi, kondisi fisik abnormal, atau efek samping dari obat-obatan.
  3. Pada kondisi tertentu ketika anda merasa stress atau kelelahan juga dapat menyebabkan penutupan pada vagina.
  4. Muncul rasa ketakutan. Pada kasus ini rasa takut yang anda rasa bisa jadi karena rasa takut hamil, atau merasa bagian kewanitaan anda tidak cukup baik.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi vagina pendek atau sempit, anda dapat melakukan beberapa aktivitas :

  • Latihan kegel. Anda dapat melakukan latihan ini dengan siklus meremas-menahan- relaksasi. Biasanya senam ini juga digunakan sebagai latihan untuk mengontrol otot untuk buang air kecil. Namun juga bermanfaat untuk mengendalikan otot vagina.
  • Lakukan pemijatan dinding vagina. Dengan pemijatan ini anda akan merasa otot vagina berkontraksi. Jika anda kurang nyaman dengan pemijatan ini segera lepaskan jari anda. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here