Penyebab dan Cara Pengobatannya Gangguan Gatal Karena Bidur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Timbulnya bidur pada kulit itu dipicu oleh tingginya kandungan histamin yang dilepaskan ke kulit. Histamin mengakibatkan pembuluh darah menjadi rileks serta melebar sehingga aliran darah juga meningkat. Dengan adanya banyak darah yang mengalir dibawah permukaan kulit, kulit juga nampak memerah.

Kelebihan cairan itu jugalah yang mengakibatkan pembengkakan pada kulit serta rasa gatal-gatal. Di bawah ini yaitu beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya biduran:

  • Terjadi kontak dengan pemicu atau penyebab alergi, umpamanya lateks serta bulu binatang.
  • Makanan pemicu biduran yang paling umum yaitu kacang, cokelat, makanan laut, telur, gandum serta susu.
  • Hampir semua obat-obatan dapat mengakibatkan urtikaria, umpamanya antibiotik, aspirin, obat anti-hipertensi serta ibuprone.
  • Zat aditif atau bahan tambahan pada makanan seperti pemanis, pengawet, penguat rasa, pewarna, pengental dan seterusnya.
  • Infeksi seperti hepatitis serta demam kelenjar.
  • Gigitan serangga.
  • Aspek lingkungan seperti pajanan terhadap kondisi atau cuaca panas maupun dingin, pajanan terhadap air tertentu atau bahkan juga sinar matahari.

Kadang-kadang keadaan urtikaria kronis tak di ketahui penyebab yang pasti. Namun beberapa aspek bisa memicu munculnya biduran atau memperburuk gejala yang ada, umpamanya minum minuman mengandung alkohol atau minuman berkafein, merasa stres serta suhu udara yang panas. Pengobatannya yaitu sebagai berikut:

  1. Buah Asam dan Temulawak

Siapkan buah asam, 15 gr temulawak, serta gula aren. Rebus seluruhnya bahan itu ke dalam 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Biarlah dingin, lalu saring. Minum ramuan itu untuk menyembuhkan biduran anda. Anda bisa menambahkan madu untuk menambah rasa lezat.

  1. Bawang Merah dan Daun Kelor

Siapkan bahan berupa 3 lembar daun kelor, sebutir bawang merah, serta 2 gr pulosari. Rebus beberapa bahan itu ke dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas saja. Sesudah disaring, minum ramuan itu 2 kali dalam sehari.

  1. Kunyit dan Sambiloto

Siapkan bahan-bahan berupa 10 gr sambiloto, 20 gr kunyit, 30 gr daun kelor, 1 sdm adas, 3 butir bawang merah. Tumbuk sampai halus semua bahan tadi setelah anda mencucinya. Rebus ke dalam 600 cc air hingga tersisa sepertiga bagian. Sesudah disaring serta dingin, anda dapat minum ramuan itu sebanyak 3 kali satu hari.

  1. Akar Rosa Multifona Thumb

Rebus akar tumbuhan itu ke dalam 400 cc air sampai tersisa setengahnya. Sesudah disaring, minum ramuan alami ini setiap pagi dan sore hari.

  1. Minyak Kayu Putih dan Zaitun

Siapkan minyak kayu putih, minyak zaitun, dan menthol Kristal masing-masing sebanyak 1 sdm. Aduk semua bahan sampai merata. Gosokkan pada kulit anda untuk mengobati biduran.

  1. Jahe dan Cuka Beras Hitam

Siapkan bahan berupa 100 cc Cuka Beras hitam, 30 gr jahe, dan gula merah. Tumbuk dulu jahe hingga halus, selanjutnya rebus bersama yang lain ke dalam air. Sesudah dingin, minum ramuan tradisional itu sebanyak 2 kali dalam satu hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here