Penyebab dan Dampak Pergaulan Bebas pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pergaulan bebas merupakan suatu proses interaksi oleh seseorang dengan individu lain atau kelompok tertentu. Perlu anda ketahui bahwa pergaulan bebas adalah suatu bentuk prilaku yang buruk dan menyimpang. Kata Bebas sendiri di maksud sebagai prilaku yang dapat melewaati batas-batas norma yang ada. Dalam masalah pergaulan bebas pada remaja ini sering terdengar oleh kita akibat pergaulan moderen.

Remaja adalah suatu individu yang masih mencari jati diri an mencari tahu segaala macam hal-hal yang memnag belum di ketahui yang bersikap labil dan memiliki rasa emosional yang rentan tidak mudah untuk dikontrol oleh dirinya sendiri. Mereka cenderung memiliki masalah berbeda-beda yang di akibatkan oleh masalah keluarga, kekcewaan, pengetahuan yang besar, bisa juga akibat pergaulan teman-temannya yang bergaul bebas membuat mereka semakin berkurangnya pontensi generasi muda yang baik untuk kemajuan bangsa indonesia.

Arti dari remaja itu sendiri yaitu masa peralihan dari kanak-kanak menuju ke masa remaja atau dewasa muda. Menurut para ahli pendidikan mereka berpendapat sama bahwa remaja itu mereka yang berusia 13 tahun sampai 18 tahun.

Penyebab pergaulan Bebas

Terdapat beberapa penyebab yang dialami para remaja yang memang mempunyai masalah yang membuat mereka tidak mempu mengendalikan diri mereka daan berakibat merusak citra mereka dan menjerumuskan mereka kedalam norma-norma yang tidak baik. Penyebab yang sering membuat para remaja melakukan pergaulan bebas yaitu:

  1. Orang Tua

Orang tua adalah salah satu faktor yang mengakibatkan remaja untuk memilih pergaulan bebas faktor yang utama yaitu orang. Orang tua mereka yang mempunyai konflik antara ibu dan ayahnya yang tidak terjalin hubungan harmonis, faktor utama para remaja melakukan pergaulan bebas pada orang tua yang berpisah (bercerai). Atau orang tua yang acuh terhadap anaknya sibuk akan pekerjaan sehingga anak tidak mendapatkan perhatian dari orang tuanya.

  1. Lingkungan

Lingkungan merupakan faktor yang dapat memicu seorang remaja melakukan pergaulan bebas, pada lingkungan yang buruk akan mendukung seorang anak untuk melakukan hal-hal yang buruk pula. Lingkungan sangat berpengaruh untuk pertumbuhan anak jika lingkungan sekitar rumah anda baik maka akan terciptanya prilaku yang baik pula, maka ciptakanlah lingkungan yang baik untuk pertumbuhan anak anda.

  1. Media massa

Media massa yang terus berkembang seiringnya jaman yang semakin moderent. Peran media dalam yang sering para remaja gunakan yaitu internet. Dimana berisi tentang hal-hal yang positif dan negatif pula, seperti gaya menyukai suatu lawan jenis, melakukan apa saja, sedang update masalah apa atau gaya seperti apa. Media massa menjadikan para remaja menjadi lebih mengetahui hal-hal yang mereka belum ketahui salah satunya pacaran.

  1. Kurangnya pendidikan kesehatan Reproduksi

Pendidikan kesehatan reproduksi sering dianggap tabu oleh sebagian orang, padahal pendidikan tersebut wajib di ketahui oleh para remaja dan orang tua agar lebih memperhatikan kesehatan reproduksinya. Hal dapat dilakukan di sekolah atau rumah oleh petugas kesehatan dan guru maupun keluarganya di rumah.

  1. Keagamaan dan adat ketimuran

Agama memang tidak seseorang untuk melakukan suatu kebaikan, tapi alangkah mulianya jika mereka yang beragama mampu mengetahui hal-hal yang di perbolehkan atau dilarang oleh agama tersebut, termasuk melakukan pergaulan bebas dan hubungan bebas. Jika anda memiliki keagamaan yang kuat anda akan menjauhi hal-hal yang tidak bermanfaat. Selain itu adat ketimuran seperti sopan santun, ramh tamah, dan etika menjadi hal yang langka, dan jarang sekali seorang remaja memiliki sikap seperti itu.

Dampak negatif akibat pergaulan bebas

Dampak negatif dari pergaulan bebas yang dapat merusak remaja yaitu seperti :

  1. Putus sekolah

Hal ini merupakan salah satu dampak akibat pergaulan bebas yang membuat mereka tidak ingin sekolah dan hanya mementingkan ego mereka, akibatnya meningkatya kemiskinan karena anak bangsa yang bodoh dan tidak mempunyai pendidikan yang sebenarnya.

  1. Kehamilan yang tidak diinginkan

Hal ini merupakan dampak dari pergaulan bebas akibatnya para remaja mengalami hamil diluar pernikahan. Biasanya remaja yang mengalami ini akan mencari cara untuk menghentikan kehamilannya dengan menggugurkan kandunganya, yang dilakukan oleh bukan tenaga kesehatan atau obat-obatan yang terlarang yang mereka ketahui yang akan berdampak buruk juga terhadap kematian.

  1. Kriminalitas tinggi

Dampak negatif pergaulan bebas dapat memicu angka kriminalitas yang tinggi. Pendidikan yang rendah, kemiskinan dan kebutuhan akan hal-hal yang dianggap menyenangkan seperti penggunaan obat-obat terlarang dan zat adiktif yang memicu seseorang melakukan kriminalitas seperti mencuri, merampok, memperkosa, membunuh.

  1. Penyakit sosial

Dampak selanjutnya yaitu meningkatnya penyakit sosial. Rasa empati dan belas kasian sudah tidak dianggap ada lagi, mereka yang hanya memikirkan emosionalnya saja seperti pendendam dan senang melihat penderitaan orang lain.

  1. Masalah kesehatan global

Dampak ini yang terjadi akibat masalah kesehatan global seperti tinggi nya penyakit penular seksual akibat pergaulan bebas seperti HIV/AIDS, hepatitis, IMS. Yang banyak dijumpai pada hal saat ini belum ada obatnya. Masalah lainnya yaitu kemandulan bahkan sampai kematian.(NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here