Penyebab dan Faktor Resiko Diabetes pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin dengan baik. Penyakit ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun dan menyebabkan tingkat kadar gula darah meningkat tinggi. Umumnya, penderita diabetes adalah orang dewasa atau orang-orang berusia lanjut. Meski begitu, sebenarnya penyakit diabetes seperti ini pun dapat juga menyerang anak-anak.

Ada beberapa penyebab anak dapat mengalami diabetes. Penyebab-penyebab tersebut antara lain:

  1. Makanan yang tidak sehat

Makanan tidak sehat dapat membuat anak beresiko mengalami diabetes. Contoh makanan jenis ini yaitu makanan siap saji dan makanan yang mengandung kadar gula cukup tinggi. Contohnya yaitu coklat, roti, permen dan lainnya.

  1. Obesitas

Masa anak merupakan masa penentu bagi pertumbuhan dan perkembangan anak karena itulah anak membutuhkan banyak energi. Akan tetapi hal ini bukan berarti bunda dapat membiarkan anak membolehkan anak makan secara berlebihan sehingga anak akan mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Obesitas akan memicu anak mengalami penyakit diabetes.

  1. Faktor genetika

Faktor genetika disebut juga dengan faktor keturunan. Kasus diabetes pada anak lebih banyak terjadi diabetes tipe 1 menyatakan bahwa 10% dari anak yang mengidap penyakit diabetes berasal dari keluarga yang memiliki riwayat diabetes. Hal tersebut di dukung oleh sebuah pernyataan dr Lusiana Kurniawati, SpPD yang menyatakan bahwa secara umum apabila seorang ayah memiliki penyakit diabetes tipe 1 maka 0,06% kemungkinan anaknya akan mengalami penyakit diabetes juga. Menurut beliau diabetes dikelompokan menjadi diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan diabetes tipe lainnya.

  1. Kurang tidur

Penyakit diabetes dapat disebabkan oleh faktor karena anak kurang jam tidur. menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa apabila anak-anak sering mengalami waktu istirahat yang kurang maka anak tersebut akan beresiko lebih besar terjadinya penyakit diabetes. Menurut penelitian tersebut dalam Pediatric menjelaskan hal tersebut dikarenakan setiap tambahan jam tidur anak pada malam hari berkaitan dengan berat badan yang rendah, massa otot yang lebih ramping, dan akumulasi gula dalam darang berkurang.

Menurut penelitian yang dilakukan dalam Pediatric yang dilakukan dengan cara memeriksa data survey kebiasaan tidur dan hasil lab dari tes menjelaskan bahwa faktor resiko terjadinya diabetes di 4.525 anak terjadi pada usia sembilan atau sepuluh di Inggris. Rata-rata seorang anak memiliki durasi tidur sekitar 8 sampai 12 jam. Menurut hasil penelitian ini menyatakan bahwa anak-anak yang kurang tidur akan lebih beresiko mengalami diabetes yang dikenal sebagai resisteni insulin saat tubuh tidak merespons secara normal terhadap hormon tersebut.

  1. Terjadi infeksi pada pankreas

Tubuh seorang anak sangatlah rentan terhadap serangan virus, bakteri, dan kuman karena sistem kekebalan tubuh seorang anak bebeda dengan orang dewasa. Hal ini tentunya apabila serangan virus, bakteri dan kuman mengenai salah satu organ di dalam tubuh yang disebut prankreas maka anak akan beresiko mengalami diabetes. Hal ini dikarenakan telah terjadinya infeksi pada organ pankreas. Pankreas merupakan suatu organ yang berfungsi untuk memproduksi hormon insulin

Selain beberapa penyebab dan faktor resiko diabetes yang terjadi pada anak yang telah di jelaskan diatas, ada beberapa penyebab dan faktor resiko lain yang menyebabkan terjadinya penyakit diabetes pada anak. Di antaranya yaitu :

  1. Ada beberapa ahli yang menyatakan bahwa anak perempuan akan lebih rentan menjadi faktor resiko terjadinya penyakit diabetes pada anak.
  2. Penyakit diabetes pada anak juga dapat disebabkan oleh faktor resiko etnik tertentu, seperti India Amerika, Afro America, Asia, dan Hispanik.
  3. Kurang olahraga dan aktivitas pada anak dapat menimbulkan resiko terjadinya penyakit Diabetes. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here