Penyebab dan Faktor Resiko Peradangan Testis (Orchitis)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Orchitis merupakan suatu infeksi yang terjadi pada salah satu atau kedua testis. Penyakit ini setidaknya terjadi pada sepertiga pria yang mengalami gondok setelah pubertas akan beresiko mengalami orchitis. Orchitis biasanya disebut dengan istilah nyeri pada testis atau nyeri pada selangkangan. Karena biasanya seorang pria yang mengalami ini akan merasakan sakit yang menjalar pada selangkangan, ke perut dan terjadinya pembengkakan pada testis.

Apa penyebab terjadinya orchitis?

  1. Virus. Virus penyebab terjadinya orchitis yaitu virus coxsackievirus, varicella, echovirus, infectious, dan mononucleosis.
  1. Bakteri. Bakteri yang menyebabkan terjadinya penyakit orchitis yaitu bakteri yang ada kaitannya dengan penyakit epididimitis. Epididimitis yaitu infeksi pada saluran sperma yang menempel dibagian atas testis. Jenis bakteri penyakit tersebut seperti neisseria gonorrhoeae, chlamydia trachomatis, escherichia coli, klebsiella pneumoniae, pseudomonas aeruginosa, staphylococcus dan streptococcus, beberapa jenis bakteri ini dapat menyebabkan penyakit menular seksual. Selain itu penyebab orchitis karena pasien mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh (imunitas) akibat my cobacterium avium complezm crptococcus neoformans, toxoplasma gondil, haemophilus parainfluenzae, dan candida albicans.
  1. Penyakit orchitis sebagian ada kaitannya dengan penyakit gondongan (mumps dan parotitis). Menurut hasil penelitian menyatakan bahwa 30% seseorang yang menderita penyakit gondongan akan beresiko terjadinya penyakit orchitis pada hari ke 4 hingga hari ke 7. Hal ini dapat terjadi karena infeksi gondongan dapat menjalar melalui aliran getah bening.

Apa saja faktor resiko dari penyakit orchitis?

Beberapa faktor kontribusi terjadinya penyakit orchitis yang di transmisikan secara non seksual diantarnya :

  • Pria yang pada saat lahir memiliki kelainan bawaan pada saluran kemih.
  • Pria yang memiliki penyakit infeksi saluran kemih (ISK) berulang.
  • Pria yang tidak pernah mendapatkan imunisasi vaksin mumps (gondok), vaksin measles, dan vaksin rubella secara tepat.
  • Pria yang pernah melakukan operasi yang melibatkan alat kelamin atau saluran kemih.
  • Pria yang berusia lebih dari 45 tahun beresiko akan mengalami penyakit orchitis.

Beberapa faktor resiko yang berhubungan dengan seks yang dapat menyebabkan penyakit menular seksual (PMS) dan akan berlanjut pada resiko orchitis, diantaranya sebagai berikut :

  1. Pria yang bergonta-ganti pasangan atau pria yang memiliki beberapa partner sek.
  2. Pria yang melakukan hubungan seks dengan orang yang menderita penyakit menular seksual (PMS).
  3. Melakukan hubungan intim tanpa menggunakan kondom.
  4. Pria yang sebelumnya memiliki riwayat penyakit menular seksual (PMS). (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here