Penyebab dan Gejala Kekurangan Kadar Estrogen dalam Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak hal yang membedakan pria dan wanita, di antaranya adalah penampilan fisiknya. Sebagai contoh, wanita memiliki payudara dan pantat yang lebih berisi dan pria tidak memilikinya. Sebaliknya, pria memiliki bulu yang lebih banyak daripada wanita. Hal- hal tersebut dipengaruhi oleh estrogen.

Sebelum berbicara lebih lanjut, sebaiknya kita perlu mengetahui mengenai apa itu estrogen. Estrogen merupakan hormone seks steroid pada perempuan yang diproduksi oleh ovarium, sel lemak dan kelenjar adrenal. Seperti yang telah disebutkan di atas, estrogen berperan dalam penampilan fisik wanita seperti pantat dan payudara yang lebih berisi, tumbuhnya rambut di sekitar kemaluan dan ketiak. Selain itu, estrogen juga memiliki peran penting dalam mengatur siklus menstruasi. Pada saat awal siklus menstruasi, estrogen tersebut akan mengendalikan pertumbuhan lapisan rahim. Masih banyak lagi fungsi estrogen yang lain yaitu berperan dalam pembentukan tulang, pembekuan darah dan lain sebagainya.

Namun, pada beberapa wanita mengalami kekurangan hormon estrogen. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kekurangan hormon tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Diet ketat

Apabila Anda berencana untuk diet, ada baiknya untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada pakar diet atau pakar gizi. Karena jika salah langkah, bukannya tubuh langsing dan ideal yang diperoleh namun kesehatan yang terganggu, salah satunya adalah kekurangan estrogen.

Pada seorang wanita yang melakukan diet terlalu ketat dan tanpa pengawasan maka bisa jadi wanita tersebut akan kekurangan lemak yang berperan dalam pembentukan estrogen.

  1. Obat- obatan

Ada beberapa jenis obat- obatan yang menyebabkan kurangnya estrogen wanita contohnya radiasi dan kemoterapi. Radiasi dan kemoterapi yang dilakukan di daerah panggul menyebabkan kurangnya kadar estrogen pada wanita. Selain itu, obat- obatan ampisilin dan clomiphene juga bisa menyebabkan kurangnya kadar estrogen.

  1. Olahraga berlebihan

Ingatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan berlebihan itu tidak baik termasuk juga olahraga. Olahraga yang dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan tubuh, jika dilakukan berlebihan akan membuat seorang wanita mengalami penurunan kadar estrogen. Olahraga seperti menyelam, lari jarak jauh, dan berenang yang dilakukan berlebihan akan menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi.

Selain beberapa hal tersebut di atas, ada beberapa penyebab lain seperti menopause, pengangkatan rahim, gangguan tiroid, faktor genetika dan hal lainnya yang menyebabkan kurangnya kadar estrogen.

Kekurangan kadar estrogen tersebut menimbulkan beberapa gejala seperti mudah lelah, minim gairah seks, menstruasi tidak teratur, depresi, infeksi pada vagina dan lain sebagainya. Jika terus demikian maka kesehatan tentu saja akan terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup yaitu tidak merokok, olahraga yang sehat. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here