Penyebab dan Pemicu Difteri pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit difteri saat ini sedang menjadi pusat perhatian masyarakat dan pemerintah. Pasalnya di berbagai daerah penyakit difteri sudah menyebar, khususnya menyerang anak-anak. Lantas apa itu penyakit difteri dan apa penyebabnya?

Apa itu penyakit difteri?

Difteri merupakan penyakit infeksi menular yang diakibatkan oleh bakteri Corynebacterium. Gejala yang umum terjadi adalah demam, sakit pada tenggorokan, hingga terbentuknya lapisan pada amandel. Kondisi tersebut akan membuat fisik penderita mengalami penurunan, sekaligus tidak memiliki nasfu untuk makan.

Dalam kasus-kasus yang lebih parah, infeksi rupanya dapat menyebar ke bagian organ tubuh lainnya seperti jantung atau sistem saraf. Selain itu beberapa pasien juga merasakan infeksi pada kulit. Penyebaran itu terjadi karena bakteri penyebab penyakit difteri bisa menghasilkan racun.

Dimanakah bakteri difteri tumbuh?

Penyakit difteri lebih banyak ditemui pada negara-negara yang angka vaksinasinya masih rendah. Penyakit difteri bisa menyerang pasien dengan usia berapapun, namun secara khusus adalah anak-anak. Jika seseorang mengalami gejala-gejala umum mirip difteri, maka sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan medis.

Apa saja tanda-tanda khusus penyakit difteri?

Meskipun bakteri difteri bisa menyerang seluruh jaringan di tubuh, namun tanda-tanda khusus biasanya muncul pada mulut dan tenggorokan. Secara khusus tanda atau gejala penyakit difteri antara lain sebagai berikut.

  1. Muncul selaput berwarna abu-abu pada tenggorokan.
  2. Muncul serak sebagai radang tenggorokan.
  3. Muncul pembengkakan kelenjar di leher.
  4. Muncul masalah pada pernapasan saat menelan.
  5. Muncul aliran di hidung.
  6. Muncul demam dan menggigil.
  7. Muncul batuk.
  8. Muncul perasaan yang tidak nyaman.
  9. Muncul perubahan pada pengelihatan.
  10. Muncul kesulitan saat bicara.
  11. Muncul kulit yang pucat dan berkeringat.
  12. Muncul kecenderungan jantung berdebar cepat.

Apa penyebab difteri?

Penyakit difteri disebabkan oleh bakteri Corynebacterium. Bakteri tersebut dapat menyebarkan melalui udara, benda-benda pribadi, atau peralatan rumah tangga. Jika seseorang menghirup partikel udara dari bersin atau orang yang terinfeksi, maka bisa terkena penyakit difteri.

Kontak dengan benda-benda yang telah terkontaminasi bakteri juga memberikan peluang seseorang terserang penyakit difteri. Misalnya saja memegang tisu bekas orang yang terinfeksi, meminum air dari gelas yang tidak dicuci dan kontak sejenis lainnya dengan benda yang sudah terkena bakteri.

Dalam kasus lainnya, penyakit difteri bisa menyebar pada alat-alat rumah tangga yang dipakai bersama. Misalnya handuk, piring, sendok, atau mainan. Menyentuh secara langsung luka seseorang yang terinfeksi juga bisa beresiko terserang difteri.

Apa saja faktor pemicu difteri?

  1. Difteri dapat dipicu dari lokasi tempat tinggal yang tidak sehat.
  2. Difteri dapat dipicu karena tidak mendapatkan vaksinasi terbaru.
  3. Difteri dapat dipicu karena mempunyai gangguan sistem imun.
  4. Difteri dapat dipicu karena mempunyai sistem imun lemah.
  5. Difteri dapat dipicu karena berinteraksi dengan penderita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here