Penyebab dan Penanganan Bagi Wanita yang Sering Ngompol saat Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi wanita yang sedang hamil, memang seringkali mengalami kesulitan untuk mengontrol keinginan untuk buang air kecil. Rasa ingin buang air kecil ini pun juga biasanya meningkat dibanding keadaan normal. Sulitnya mengontrol rasa ingin buang air kecil ini dikarenakan, seorang ibu hamil lebih sulit mengontrol kantung kemihnya. Itulah yang menjadi salah satu penyebab wanita hamil mudah mengompol bahkan saat tertawa, bersin, atau sekadar batuk.

Di artikel kali ini, penulis akan memaparkan penyebab dan penanganan bagi wanita hamil yang mengalami kesulitan mengontrol rasa ingin buang air kecil. Sebelumnya, penulis akan memaparkan apa saja penyeba dari hal tersebut. Berikut beberapa penyebabnya:

  • Meningkatnya darah dalam tubuh. Saat sedang hamil, maka darah dalam tubuh akan meningkat, terutama di bagian panggul. Meningkatnya kadar darah, akan membuat cairan dalam ginjal juga meningkat. Cairan dalam ginjal bisa keluar dari tubuh dengan membentuk urin. Akibatnya adalah intensitas buang air kecil menjadi lebih sering dari biasanya.
  • Ukuran rahim membesar. Rahim wanita hamil tentu akan semakin besar seiring bertambahnya usia kandungan, hal ini akan membuat kandung kemih yang berada di bawahnya akan mengalami penekanan. Penekanan ini akan membuat cairan yang berada di kantung kemih hanya cukup sedikit dari biasanya. Selain itu, meski cairannya baru sedikit, ibu hamil akan lebih cepat merasakan rasa ingin buang air kecil.
  • Ukuran ginjal membesar. Selain ukuran Rahim, ukuran ginjal juga bisa membesar. Kondisi ini terjadi saat bakal janin menempel pada dinding Rahim pertama kali. Hal ini juga akan meningkatkan hormon progesterone. Dengan membesarnya ginjal, maka dengan otomatis kantung kemih juga akan membesar.
  • Memiliki keinginan minum lebih sering. Seorang wanita hamil biasanya memiliki keluhan mudah gerah dan merasa panas. Selain itu, pola makan dan minum juga akan berubah. Akibatnya, ibu hamil akan lebih sering minum dari kondisi normal.
  • Selaput dara. Salah satu penyebab ibu hamil tidak bisa mengontrol buang air kecil ialah karena, hilangnya selaput dara. Inilah perbedaan ibu hamil dengan seorang gadis. Sebab, selaput dara juga memiliki fungsi untuk menahan urin yang ingin keluar. Itulah mengapa ibu halim leih sulit mengontrol keluarnya urin.

Setelah memaparkan penyebab sulitnya mengontrol keinginan buang air kecil, penulis akan memaparkan cara menanganinya. Berikut cara menangani keinginan buang air kecil berlebih saat hamil:

  • Melakukan senam kegel. Untuk mengurangi rasa ingin buang air kecil, ibu hamil dapat melakukan senam kegel. Senam ini dianjurkan untuk ibu hamil, karena selain dapat mengurangi rasa ingin buang air kecil, senam ini juga memiliki manfaat untuk masa persalinan ibu hamil kelak.
  • Menjaga berat badan. Selain melakukan senam kegel, menjaga berat badan juga penting untuk mengatasi rasa ingin buang air kecil. Tingginya berat badan seseorang juga akan memengaruhi tekanan ke kantung kemih. Inilah sebabnya ibu hamil harus menjaga berat badannya.
  • Mengonsumsi air putih. Dengan menjaga konsumsi air putih minimal delapan gelas sehari, akan baik untuk janin dan ibu hamil. Selai itu, jangan mengonsumsi cairan yang mengandung glukosa tinggi. (IKS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY