Penyebab dan Penanganan Gangguan Kalazion

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kalazion adalah salah satu gangguan yang terjadi di daerah indra penglihatan atau mata. Kalazion sendiri terjadi akibat tidak berfungsinya kelenjar meibom yang terdapat di bagian atas bulu mata. Kelenjar meibom adalah kelenjar yang berfungsi menghasilkan komponen lipid yang bermanfaat untuk membuat mata tetap basah dan lembab, sehingga tidak kering dan akhirnya mengalami iritasi.

Gangguan ini membuat adanya benjolan dibagian bawah atau atas kelopak mata. Pembengkakan ini biasanya berukuran awal dua milimeter dan bisa membesar hingga ukuran delapan milimeter. Hal ini terjadi akibat kondisi kronik yang berkembang dari benjolan steril atau benjolan infeksi. Benjolan steril sendiri biasanya terjadi akibat adanya penyumbatan jalan keluar komponen lipid, sehingga terjadi pembengkakan pada kelenjar meibom.

Kelenjar meibom bisa terinfeksi akibat bakteri stafilokokus. Kondisi infeksi ini akan menyebabkan benjolan berisi nanah. Kondisi infeksi ini biasa dikenal dengan sebutan hordeolum internal. Keadaan ini akan menjadi kalazion jika dibiarkan.

Selain itu, penyebab lain kalazion adalah tersumbatnya kelenjar yang ada di kelopak mata. Tersumbatnya kelenjar-kelenjar kecil ini akan menyebabkan cairan menumpuk, sehingga membentuk benjolan yang berisi cairan.

Kalazion sendiri bisa menyerang siapa saja dan usia berapa pun. Namun, resiko akan meningkat bagi seseorang yang pernah mengalami hordeolum, blepharitis, atau eksim.

Penanganan kalazion dilihat dari keluhan si penderitanya itu sendiri. Ada atau tidaknya rasa nyeri akan menentukan tindakan yang diambil. Kebanyakan penderita kalazion tidak membutuhkan penanganan medis. Sekitar 50 persen penderita kalazion akan mengalami kesembuhan secara alami setelah dua minggu.

Namun, bukan berarti Anda tidak berkonsultasi dengan tenaga medis. Sebab, kalazion yang tidak segera ditangani akan menyebabkan kelopak mata menjadi iritasi dan mengalami perubahan warna kemerahan dan mengalami pembengkakan. Selain itu, adanya tekanan yang muncul akibat benjolan juga beresiko membuat penglihatan menjadi kabur.

Untuk membantu penyembuhan kalazion yang Anda derita. Berikut beberapa penanganan yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhannya:

  • Mengompres dengan menggunakan air hangat. Kompres kelopak mata Anda dengan menggunakan kain yang bertekstur halus dan lembut. Teknik mengompres dengan menggunakan air hangat ini akan membantu mengurangi rasa mengganjal akibat benjolan yang terjadi. Selain itu, teknik mengompres juga akan menjaga kelembaban kelopak mata Anda. Pengompresan dapat dilakukan sebanyak tiga kali sehari.
  • Pijatan lembut. Setelah melakukan kompres dengan menggunakan air hangat, Anda bisa melakukan pijatan lembut di sekitar benjolan. Hal ini dilakukan untuk membantu mengeluarkan cairan yang ada dalam benjolan. Selain menggunakan tangan, Anda juga bisa menggunakan cooton bud. Namun, sebelum memijat dengan menggunakan tangan, pastikan Anda telah mencuci tangan dengan sabun dan memastikan tangan Anda dalam keadaan bersih.
  • Membersihkan kelopak mata. Bersihkan kelopak mata Anda setidaknya dua kali dalam sehari. Hal ini mencegah penumpukan kotoran yang bisa menyebabkan mata Anda mengalami iritasi. (IKS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY