Penyebab dan Pencegahan Kanker Lidah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kanker lidah merupakan salah satu jenis kanker yang perlu kita waspadai karena terkena kanker lidah juga tak kalah menyakitkan dari jenis kanker lainnya. Kanker lidah bisa menyerang pria maupun wanita, namun presentase lebih banyak diderita oleh pria karena gaya hidupnya seperti merokok cenderung meningkatkan risiko untuk terkena kanker lidah, berbeda dengan wanita yang tidak merokok.

Penyebab utama dari kanker lidah yaitu adanya mutasi atau perubahan DNA pada mulut. Sesekali mulut akan melakukan perubahan DNA, saat perubahan tersebut sel-sel yang sehat akan mati. Di saat itulah sel kanker akan tumbuh dan membelah diri. Jika sel kanker berhasil tumbuh saat sel sehat mati, selanjutnya mereka akan menumpuk di dalam mulut yang dalam waktu lama akan membentuk tumor.

Kanker lidah baru kita sadari jika sel kanker sudah tumbuh besar, karena pada awal pertumbuhannya sel kanker lidah berbentuk pipih sehingga sulit untuk dilihat dengan mata. Oleh karena itu kebanyakan kanker lidah diketahui jika sudah parah.

Selain adanya perubahan DNA, kanker lidah juga dikaitkan dengan adanya HPV (human papilloma virus). Virus ini dapat menular melalui hubungan seksual, hubungan seksual dengan risiko tinggi penularan HPV yaitu seks oral. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker lidah yaitu:

  1. Hindari rokok

Rokok merupakan salah satu faktor risiko yang cukup tinggi untuk menyebabkan kanker lidah. Oleh karena itu untuk mencegah kanker lidah anda harus menghindari rokok, berhentilah merokok atau bagi anda yang tidak merokok jangan mulai merokok. Rokok menyebabkan kanker lidah karena kandungan tembakau di dalamnya berbahaya.

  1. Berhenti minum alkohol

Selain berhenti merokok, anda juga perlu berhenti minum alkohol, karena minum alkohol dapat mengiritasi sel-sel dalam mulut yang mana meningkatkan risiko kanker lidah.

  1. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Untuk mencegah kanker lidah, pola makan anda juga perlu diperbaiki seperti lebih banyak makan buah dan sayuran. Dengan mengonsumsi buah dan sayuran anda akan mendapatkan asupan vitamin dan antioksidan yang dapat mencegah timbulnya kanker lidah.

  1. Konsultasi ke dokter

Selain berhenti merokok dan minum alkohol serta memperbaiki pola makan. Untuk mencegah kanker lidah anda juga perlu periksa ke dokter secara teratur. Periksakan kesehatan mulut ke dokter gigi secara rutin dapat digunakan untuk mengantisipasi kanker lidah. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here