Penyebab dan Pencegahan Penyakit Bisul

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bisul merupakan penyakit yang timbul karena adanya infeksi pada kulit dengan ciri-ciri timbulnya benjolan kemerahan pada kulit kemudian membesar hingga mata nanah berwarna putih terlihat di tengah-tengah benjolan dan tentunya rasa panas dan nyeri di sekitar bisul.

Bisul biasa terjadi pada bagian lipatan tubuh seperti pada ketiak atau lipatan pangkal paha, namun bisa juga terjadi pada bagian permukaan kulit lainnya seperti pantat, muka, leher, atau bagian lainnya.

Penyakit bisul ini bisa terjadi karena faktor makanan ataupun minuman yang tidak bersih karena mengandung bakteri yang menyebabkan bisul. Biasanya bisul tumbuh tidak sendiri, maka dari itu bisul dikategorikan sebagai penyakit menular melalui kuman yang menempel pada tangan setelah menggaruk bagian kulit yang terkena bisul.

Apa telur dapat menyebabkan bisul?

Makan telur dapat mengakibatkan bisulan itu mitos, bisul timbul bukan dikarenakan makan telur terlalu sering tapi penyebabnya adalah bakteri stafilokokus, bisa juga karena bakteri lain atau jamur, namun bisa juga seseorang mengalami bisul karena setelah makan telur dan ini terjadi karena orang tersebut memang alergi terhadap makanan tertentu seperti telur, tapi secara umum telur tidak menyebabkan seseorang bisulan.

Proses Terjadinya Bisul

Sebelum bisul benar-benar muncul pada bagian tubuh tertentu, akan mengalami beberapa macam proses terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa proses dari kemunculan bisul :

  • Bakteri masuk ke dalam tubuh melalui jaringan kulit.
  • Bakteri tersebut akan mengeluarkan racun yang dapat merusak serta membunuh sel-sel yang berada di dalam kulit.
  • Ketika terjadi infeksi, maka secara alami tubuh akan menambah jumlah sel darah putih untuk membunuh bakteri tersebut.
  • Setelah itu, sel kulit akan menutup racun tersebut agar tidak menyebar dengan cara melakukan pembentukan dinding.
  • Proses pembentukan dinding ini menjadi bisul yang di dalamnya berisi racun dan berisi nanah

Penyebab Bisul Muncul

Mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui appa saja hal yang dapat menyebabkan kemunculan bisul. Bisul sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Beberapa macam penyebab bisul pada tubuh dan juga bagian kulit Anda, di antaranya yaitu bakteri dan kuman, faktor kebersihan, sering melakukan pencabutan bulu tubuh, alergi, makanan, luka, penyembuhan luka yang lambat.

Cara Mengatasi Bisul

Untuk bisul yang baru timbul sebaiknya segera diobati, jangan sampai bisul menjadi matang karena akan menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan kulit.

  • Jika bisul masih tergolong ringan maka bisa disembuhkan dengan mengoleskan salep antibiotik dan salep ini sangat efektif untuk mengatasi bisul.
  • Jika bisul sudah membesar dan agak dalam selain salep antibiotik maka diperlukan juga obat antibiotik yang diminum.
  • Hindari menggaruk bisul dengan kuku karena bakteri penyebab bisul akan dengan mudah menular.
  • Jika bisul seringkali muncul atau berulang sebaiknya periksakan ke dokter karena ada kemungkinan terkait dengan penyakit lainnya seperti diabetes.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY