Penyebab dan Tanda Seseorang Menderita Hipokondria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah ada di antara pembaca yang belum mengetahui penyakit hipokondria? Hipokondria merupakan suatu penyakit yang berhubungan dengan mental, ketika penderita merasa memiliki sebuah penyakit gawat dan serius. Padahal kenyataannya tidak ditemukan penyakit apa-apa di dalam tubuhnya. Kondisi inilah yang disebut hipokondria.

Seseorang yang menderita hipokondria umumnya akan merasa gelisah, panik dan mempunyai pikiran negatif pada kesehatan tubuhnya. Seseorang yang menderita penyakit hipokondria sekilas tidak memiliki kekurangan apa-apa, walaupun mentalnya terganggu.

Penderita hipokondria umumnya akan menganggap dirinya sudah terserang penyakit kanker otak, padahal hanya terserang pusing biasa. Kemudian penderita hipokondria juga bisa menyangka sudah terserang kanker paru-paru, walaupun ternyata hanya batuk ringan.

Penyakit gangguan mental ini memang terkesan aneh, namun demikian kenyataannya. Lantas apa tanda-tanda seseorang telah menderita hipokondria? Bagi pembaca yang penasaran, berikut ini uraiannya!

Selalu memikirkan penyakit yang diderita secara berlebihan

Pengidap hipokondria akan selalu memikirkan penyakit yang dideritanya secara berlebihan. Jika ada salah satu dari bagian tubuh yang sakit, maka akan menjadi gelisah. Padahal penyakit yang diderita tersebut hanyalah sesuatu yang biasa. Mempunyai sikap seperti ini tentu membuat seseorang stres, sehingga menggangu kondisi psikologis.

Seseorang yang mengalami hipokondria senang melakukan diagnosa sendiri terhadap penyakitnya. Setelah melakukan diagnosa sendiri, selanjutnya berkonsultasi kepada dokter. Hanya saja diagnosa yang sudah dilakukan sendiri akan berbeda jauh dengan pengecekan medis.

Selalu meminta dilakukan tes medis

Kecemasan yang berlebihan pada penderita hipokondria membuatnya sering meminta tes medis saat berkonsultasi ke dokter. Tes medis tersebut selalu diminta setiap mengalami gejala-gejala penyakit yang ringan seperti batuk, pilek, atau pusing.

Penderita hipokondria biasanya juga sangat khawatir tentang hasil tes yang dilakukan. Meskipun ternyata hasil menunjukkan tidak mengalami penyakit apapun, namun rasa tidak percaya terhadap hasil tes tersebut masih muncul.

Selalu merasa cemas

Tanda umum yang sering tampak pada penderita hipokondria adalah munculnya rasa cemas. Seseorang dengan gangguan mental ini kerap mengeluh tentang hla-hal yang sepele, karena sangat khawatir dengan kondisi tubuhnya. Misalnya saja ketika bersin atau batuk, maka penderita hipokondria menyangka sudah terserang penyakit berat.

Selalu merasa stress

Penderita hipokondria akan merasa stres sepanjang waktu akibat mempunyai perasaan cemas yang berlebihan. Jika penderita telah berada dalam level ini, maka sebaiknya berkonsultasi dengan psikolog guna mendapatkan penanganan gangguan mental yang dihadapi.

Selalu ingin mendapatkan perhatian orang lain

Penderita hipokondria juga senang bercerita pada orang lain terkait penyakit-penyakit yang dideritanya. Namun karena tidak terdiagnosa penyakit apa-apa, maka orang-orang yang berada di sekitarnya tidak terlalu menanggapi secara serius. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here