Penyebab dan Tips Mengatasi Bayi Sulit Makan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gizi seimbang perlu dijadikan pola makan sejak anak dapat diberikan makanan pendamping ASI. Dengan demikian, berat badan anak akan tetap normal dan kondisi inipun dapat dipertahankan. Selain menjamin berat badan normal, kondisi gizi seimbang juga membuat anak terhindar dari risiko penyakit akibat kegemukan ataupun terlalu kurus.

Namun menginjak usia bayi 10-12 bulan, biasanya selera makan bayi menurun. Hal tersebut akhirnya membuat Anda khawatir terhadap bayinya. Namun jangan panik, sebaiknya Anda mencari penyebab kenapa anak Anda sulit untuk makan. Karena bagaimanapun bayi haruslah tetap terpenuhi kebutuhan zat gizinya.

Hal yang harus Anda lakukan selain jangan panik adalah sabar. Anda harus sabar ketika waktunya memberi makan untuk bayi anda. Jika anda tidak sabar maka akan membuat bayi anda semakin sulit makan. Penyebab lain bayi sulit makan yaitu pada kondisi seperti :

  1. Meningkatnya Kemampuan Eksplorasi

Semakin tumbuh bayi anda maka semakin besar juga rasa ingin tahunya terhadap hal baru yang ditemukan atau dilihat. Sehingga bayi lebih banyak bermain dan lebih tertarik dengan mainan daripada makan.

  1. Sakit

Ketika tubuh bayi tidak fit karena penurunan ketahanan imun atau oleh adanya gangguan penyakit membuat selera makan bayi menurun dan sulit makan. Sebaiknya segera cari sumber penyakitnya agar selera makan bayi kembali ulih.

  1. Waktu yang kurang tepat

Memberikan makanan untuk bayi tepat waktu juga penting. Karena bisa jadi bayi yang menolak makan disebabkan pemberian makanan pendamping ASI yang terlalu cepat atau malah terlambat. Berikan makan pada bayi pada waktu bayi anda merasa lapar, jangan sampai melewati jam makan bayi anda.

Untuk menghindari kondisi di atas, berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi bayi yang susah makan :

  1. Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi
  2. Cari tahu makanan favorit si bayi
  3. Pastikan orang yang menyuapi bayi anda dapat memberikan kenyamanan pada bayi.
  4. Gunakan beberapa teknik menyuapi agar bayi menikmati waktu makannya sebagai waktu yang menyenangkan
  5. Hindari tempat yang membuat bayi memusatkan perhatiannya kepada selain makanan.
  6. Gunakan sendok makan khusus bayi sehingga memudahkan bayi dalam menerima makanan.
  7. Jangan memaksakan bayi untuk menghabiskan makanan apabila sudah kenyang. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY