Penyebab Estrogen Rendah Pada Wanita Muda

SehatFresh.com – Estrogen adalah hormon yang paling dominan pada wanita yang diproduksi dalam ovarium. Ovarium mulai memproduksi estrogen dalam menanggapi rangsangan kimia dari daerah otak yang dikenal sebagai kelenjar hipofisis. Pada wanita, estrogen memengaruhi pertumbuhan kesehatan dan jaringan vagina, saluran tuba dan sel oosit dalam ovarium. Estrogen juga memainkan peran penting dalam perkembangan dan pematangan seksual dalam hal memfasilitasi pertumbuhan karakteristik seksual gadis remaja seperti pertumbuhan payudara dan menstruasi.

Rendahnya kadar estrogen umumnya terkait dengan menopause. Namun, rendahnya tingkat estrogen  juga dapat terjadi pada wanita muda ketika ada masalah dengan kemampuan ovarium untuk memproduksi estrogen dan gangguan pada jalur sinyal dari otak ke ovarium. Tingkat estrogen rendah dapat memengaruhi karakteristik fisik, perilaku dan potensi kesuburan.

Beberapa hal ini telah dikaitkan dengan penurunan kadar estrogen pada wanita muda yang masih jauh dengan menopause :

  • Latihan ekstrim

Sebuah sindrom medis yang cukup sering memengaruhi perempuan muda female athlete triad. Female athlete triad ini berkaitan dengan gangguan makan, keropos tulang dan masalah dengan menstruasi. Dalam jurnal “American Family Physician”, pada tahun 2000, dilaporkan bahwa latihan berlebihan dan gangguan makan bisa menjadi awal yang memicu penurunan produksi estrogen. Disebutkan pula bahwa olahraga tertentu dapat meningkatkan risiko seorang wanita muda mengembangkan sindrom female athlete triad. Olahraga ini termasuk senam, figure skating, balet, lari jarak jauh, menyelam dan berenang. Berambisi untuk menjadi yang terbaik dalam kompetisi dan ambisi ingin kurus merupakan pemicu yang paling umum untuk sindrom atletik ini.

  • Pembatasan lemak dan kalori

Kolesterol adalah jenis lemak dalam makanan yang mendukung pembentukan semua hormon dalam tubuh, termasuk juga estrogen. Sangat membatasi asupan lemak terutama selama tahun menarche (menstruasi pertama), bisa berefek buruk pada produksi estrogen dan keterlambatan menstruasi. Ketika lemak tubuh di bawah 22 persen atau belum mencapai tingkat yang akan memicu hipotalamus dan hipofisis untuk mengirim isyarat pada ovarium, ovarium tidak akan memulai atau tiba-tiba akan menghentikan produksi estrogen. Rendahnya tingkat estrogen bisa menghentikan siklus menstruasi yang normal pada wanita dan dapat memperlambat datangnya menstruasi pertama pada gadis remaja.

  • Genetik

Alasan genetik juga dapat menyebabkan ovarium tidak estrogen dalam jumlah yang memadai. Kondisi genetik yang dikenal sebagai sindrom Turner, yang menghambat indung telur berkembang secara normal, dapat menyebabkan rendahnya tingkat estrogen yang akan menyebabkan penundaan menstruasi.

  • Obat dan prosedur pengobatan

Obat dan prosedur pengobatan bisa menjadi racun bagi ovarium. Penggunaan radiasi dan kemoterapi terutama pada daerah panggul diduga kuat dapat menyebabkan penurunan kadar estrogen yang cukup signifikan.

Sumber gambar : id.wikihow.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY