Penyebab Eye Floater

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mata merupakan organ tubuh yang sangat penting pada manusia. Mata memiliki banyak fungsi untuk menunjang aktifitas harian Anda. Kesehatan mata sangatlah penting untuk dijaga agar terhindar dari gangguan mata serta penyakit mata, salah satunya Eye Floater.

Kondisi mata yang sudah terkena gangguan atau penyakit memang sangat mengganggu Anda dalam keseharian. Eye Floater adalah bintik-bintik yang terdapat pada mata. Kondisi Eyes Floater adalah endapan atau kondensasi (pengembunan) didalam selai mata yang seperti kaca (vitreous jelly of the eye). Orang-orang menggunakan istilah pengambang mata atau eye floaters untuk menggambarkan noda-noda yang mengambang di dalam penglihatan karena serat mikroskopis dalam vitreous menggumpal dan membuat bayangan kecil pada retina. Beberapa kasus yang lebih serius, eye floaters dapat berupa kilatan cahaya atau kehilangan penglihatan tepi. Eye floaters ini dapat menyerang hanya pada satu mata atau kedua mata.

Seperti penjelasan diatas Eye floaters atau juga disebut dengan myodesopsia adalah bintik hitam atau garis yang terdapat pada mata dan selalu mengikuti gerakan mata. Eye floaters ini terlihat seperti bintik kecil hitam, benang atau jaring laba-laba yang mengambang.

Secara ringkas penyebab dari eye floater, diantaranya:

  • Perubahan mata yang berhubungan dengan pertambahan usia. Eye floaters berhubungan dengan petambahan usia, hal ini paling sering terjadi sebagai perubahan mata yang berkaitan dengan usia pada bagian vitreous, yakni substansi seperti jelly yang mengisi bola mata Anda dan membantu mempertahankan bentuk bulat mata. Vitreous berubah secara konsisten seiringnya waktu dan sebagiannya mencair, hal ini merupakan proses yang menyebabkannya vitreous menyusut dan menarik diri dari permukaan interior bola mata. Ketika vitreous menyusut dan mengendur, vitreous membentuk gumpalan yang berbentuk seperti benang atau serabut. Potongan-potongan dari serabut ini menghalangi sinar yang melewati mata, sehingga melemparkan suatu bayangan kecil pada retina Anda.
  • Radang pada bagian belakang mata (uveitis posterior). Eye floaters bisa disebabkan juga karena peradangan pada bagian belakang mata. Uveitis posterior adalah peradangan pada lapisan Uvea di belakang mata. Uveitis posterior ini bisa saja terjadi karena disebabkan oleh infeksi atau penyakit inflamasi.
  • Pendarahan pada vitreous akibat cedera atau terdapat masalah pada pembuluh darah. Penyebab lain dari eye floater bisa karena pendarahan pada mata Anda. Pendarahan vitreous adalah pendarahan pada vitreous mata dibagian mata yang berbentuk seperti jelly. Pendarahan pada mata dapat memiliki banyak penyebab sepeti cedera dan masalah pembuluh darah.
  • Robekan retina. Eye floater bisa berhubungan dengan retina mata yang robek. Robekan retina ini dapat terjadi ketika vitreous yang mengendur menarik atau merenggut retina dengan tarikan yang kuat hingga membuat retina menjadi robek. Floater baru dapat muncul jika hal ini terjadi pada mata Anda . Robekan retina ternyata bisa menyebabkan dampak lain bagi Anda jika tidak di berikan pengobatan, robekan retina dapat menyebabkan detasemen (ablasio) retina. Ablasio merupakan akumulasi cairan di belakang retina yang menyebabkan retina memisahkan diri dari bagian belakang mata anda. Hal ini bisa menyebabkan Anda kehilangan pengelihatan permanen jika tidak segera diobati.

Selain penjelasan diatas terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terkena eye floaters, yaitu seseorang yang berusia di atas 50 tahun, memiliki penyakit rabun jauh, peradangan pada mata, trauma pada mata, retinopati diabetes dan komplikasi akibat operasi katarak.

Eye Floater yang parah dapat mengganggu penglihatan Anda dan dapat menurunkan kualitas hidup Anda karena menghambat aktivitas keseharian Anda. Dianjurkan bagi Anda untuk segera menghubungi dokter dan melakukan pengobatan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY