Penyebab Gatal pada Payudara dan Puting

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah anda sering merasakan gatal pada payudara dan puting? Jika iya, pasti keadaan tersebut sangat menganggu apalagi jika rasa gatal tersebut muncul saat anda sedang di luar atau ditempat umum, tentu akan membuat anda merasa malu.

Gatal yang anda rasakan pada payudara dan puting ini disebabkan oleh berbagai hal antara lain:

  1. Tidak mandi setelah berolahraga

Bagi beberapa orang tidak mandi setelah berolahraga mungkin bukan masalah karena merasa malas. Tapi sebaiknya mulai sekarang mandi setelah berolahraga. Karena jika tidak mandi, keringat sisa berolahraga yang menempel pada payudara bisa menyebabkan payudara dan puting anda gatal karena adanya jamur. Selain mandi setelah berolahraga, untuk mecegah pertumbuhan jamur penyebab gatal pada payudara dan puting sebaiknya anda menggunakan pakaian yang dapat menyerap keringat saat berolahraga.

  1. Kehamilan

Normal atau sudah umum bagi ibu hamil yang merasa gatal pada payudara dan putingnya dan biasanya gatal tersebut akan cepat hilang. Rasa gatal tersebut disebabkan karena saat hamil terjadi perubahan hormon dan juga penambahan berat badan pada tubuh anda.

  1. Menyusui

Selain karena hamil, gatal pada payudara dan puting juga bisa disebabkan karena anda sedang menyusui. Hal ini terjadi karena saat menyusui ada sisa ASI pada payudara yang apabila terus digigit atau dihisap bayi akan menyebabkan rasa gatal pada payudara dan puting. Gatal pada payudara dan puting karena menyusui yang perlu diwaspadai adalah jika anda mengalami gejala tambahan seperti nyeri, bengkak,dan puting pecah karena bisa saja anda berisiko mengalami mastitis.

  1. Menstruasi

Tidak hanya pada ibu hamil atau menyusui saja, remaja wanita juga terkadang merasakan gatal pada payudara dan puting. Gatal pada remaja biasanya disebabkan karena ia mengalami menstruasi. Wanita rentan merasa gatal pada payudara saat menstruasi karena adanya fluktuasi hormon.

  1. Puting menempel pada bra

Menggunakan pakaian yang menyerap keringat juga belum menyelesaikan masalah gatal pada payudara dan puting, karena bra yang terlalu ketat juga bisa membuat puting menempel pada bra yang sudah bercampur dengan keringat setelah berolahraga dan akhirnya payudara menjadi gatal. Oleh karena itu gunakan bra yang nyaman dan longgar agar area payudara tidak mudah berkeringat.

  1. Kulit kering

Jika anda memiliki jenis kulit kering memang akan sering mengalami gatal pada payudara dan puting. Agar terhindar dari payudara dan puting yang gatal sebaiknya saat mandi gunakan sabun yang lembut dan gunakan pelembab setelah mandi agar kulit menjadi lembab dan tidak mudah gatal. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here