Penyebab, Gejala dan Penanganan Batuk yang Tepat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anda pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata batuk, karena hampir setiap orang setiap tahunnya akan mengalami batuk. Namun tahukah anda apa itu batuk?

Batuk merupakan reflek alami sebagai sebuah perlindungan untuk menjaga jalan napas tetap terbuka dengan cara menyingkirkan lendir yang menumpuk pada jalan napas atau benda asing lainnya. Batuk juga membantu menjaga agar orang tidak menghirup sesuatu ke jalan napas dan paru-parunya yang dapat menyebabkan masalah.

Apa Penyebab Batuk?

Ada beberapa penyebab terjadinya batuk, yaitu:

  • Infeksi saluran pernafasan atau paru-paru (termasuk pilek)
  • Ada benda yang tersangkut di jalan napas
  • Asma, adalah kondisi paru-paru yang membuatnya sulit untuk bernapas
  • Masalah paru-paru lainnya, termasuk kondisi yang dibawa saat lahir
  • Rinitis alergi
  • Penyakit ini menyebabkan asam lambung.

Gejala Batuk

Menurut jenis batuk, berikut gejala yang timbul ketika anda batuk :

  1. Batuk Berdahak

Gejala-gejala batuk berdahak pada umumnya disebabkan oleh influenza. Gejalanya yaitu demam yang tinggi disertai otot tubuh yang kaku, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Namun batuk berdahak juga timbul akibat peradangan pada paru-paru.

  1. Batuk Kering

Batuk kering merupakan batuk yang tidak berdahak, oleh karena itu disebut sebagai batuk tidak produktif. Gejala yang akan muncul pada batuk kering yaitu rasa gatal pada tenggorokan dan menyebabkan suara menjadi serak.

Pengobatan yang Tepat

Setelah mengetahui penyebab dan gejala batuk anda tentu ingin mengetahui bagaimana cara pengobatan yang tepat untuk batuk. Apalagi tak jarang dengan adanya batuk juga menganggu aktivitas yang kita lakukan, maka anda tidak ingin lama-lama menderita batuk. Pengobatan terhadap batuk ada 2 cara, yaitu:

  1. Tanpa Obat

Jika batuk yang anda alami masih ringan, dapat dikurangi dengan cara sering minum air putih. Dengan minum air putih dapat membantu mengencerkan dahak dan mengurangi iritasi atau rasa gatal. Hindari juga tempat-tempat yang berdebu dan makanan atau minuman yang dapat merangsang tenggorokan. Hindari udara malam karena suhunya dingin.

  1. Obat-obatan

Terdapat bermacam-macam obat batuk yang dapat kita temukan dengan berbagai varian yang berbeda. Namun, sebaiknya konsumsi obat batuk yang memiliki satu fungsi saja atau sesuai dengan jenis batuk yang kita alami. Ada 2 jenis yaitu, ekspektoran dapat digunakan untuk batuk berdahak karena dapat mengencerkan dahak dan membantu dahak lebih cepat keluar. Yang kedua, Anti tusif, berfungsi untuk menekan batuk kering yang sangat mengganggu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY