Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengatasinya

SehatFresh.com – Penyebab gigi sensitif harus Anda ketahui agar Anda dapat mencegah gigi ngilu dan sakit. Tentu Anda tidak ingin memiliki masalah gigi yang akan mengganggu aktifitas. Gigi sensitif terjadi akibat lapisan email yang semakin menipis. Lapisan email ini merupakan lapisan terluar dari gigi yang melindungi lapisan tengah. Jika lapisan gigi yang terluar semakin menipis, maka lapisan tengah akan terbuka.

Pada saat Anda memakan atau meminum sesuatu yang terlalu panas ataupun terlalu dingin, maka cairan yang ada didalam dentin tersebut bergerak. Bergeraknya cairan tersebutlah yang menimbulkan rasa ngilu pada gigi Anda. Pergerakan yang terjadi langsung berhubungan dengan ujung syaraf dan reaksinya menimbulkan rasa ngilu.

Penyebab Gigi Sensitif

Penyebab terjadinya gigi sensitif yaitu menyikat gigi terlalu kuat. Tekanan yang berlebih, terlalu sering menyikat gigi, dan menggunakan sikat yang kasar akan membuat email gigi akan cepat menipis. Hal ini sering kali dilakukan oleh kebanyakan orang. Cukup menyikat dengan pelan dan teratur setiap hari akan membuat gigi bersih. Tidak perlu berlebihan karena akan membuat lapisan luar gigi mudah menipis dan menjadi penyebab gigi sensitif.

Cara untuk Mengatasi Gigi Sensitif

  • Mengkonsumsi buah apel dapat merangsang produksi air liur. Produksi air liur yang kurang dan mulut kering dapat meningkatkan risiko nyeri dan sensitivitas gigi.
  • Lakukan perawatan gigi yang benar untuk gigi sensitif dapat berpengaruh pada tingkat kesembuhan penderita gigi sensitif. Cara perawatan sakit gigi ngilu ini dapat ditempuh dengan pengetahuan yang benar mengenai cara menggosok gigi. Anda bisa mengurangi tekanan saat menggosok gigi dengan gerakan menggosok yang berputar. Tekanan saat menggosok gigi dapat meningkatkan rasa ngilu pada gigi ketika bersentuhan dengan makanan.
  • Kurangi kebiasaan buruk yang melibatkan gigi misalnya mebiasaan menggertakkan gigi atau menggigit benda saat waktu senggang dapat berpengaruh buruk terutama pada Anda yang memiliki riwayat gigi sensitif.
  • Kurangi konsumsi minuman bersoda karena minuman tersebut sangat asam, bisa mengeroposkan email gigi. Selain mengurangi frekuensi minuman terlalu panas, dingin, dan manis, minuman bersoda ini juga wajib untuk Anda hindari.
  • Berkonsultasi ke dokter gigi merupakan cara yang paling disarankan untuk dilakukan. Selain bisa mengetahui dengan mudah status kesehatan gigi dan mulut, dengan berkonsultasi ke dokter gigi Anda bisa memantau perkembangan status gigi sensitif Anda. Dengan mengetahui hasil pemeriksaan ini Anda bisa menentukan tindakan perawatan dan lanjutannya. Anda juga bisa memantau tingkat keberhasilan cara perawatan gigi ngilu alami yang telah Anda lakukan untuk mengurangi dampak tidak nyaman dari gigi sensitif ini. Anda juga bisa secara bebas menanyakan bagaimana perawatan yang tepat untuk gigi sensitif yang Anda miliki.

Sumber gambar : www.sehatfresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY