Penyebab Hemoglobin Rendah saat Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kekurangan hemoglobin (Hb) merupakan salah satu hal yang paling rentan dan rawan dialami oleh ibu yang sedang hamil. Kekurangan hemoglobin bukan hanya membahayakan kesehatan ibu, namun juga perkembangan janin yang ada di dalam perut.

Hemoglobin merupakan kandungan protein yang terdapat di dalam sel darah merah yang mengandung manfaat zat besi tinggi. Fungsi hemoglobin sangat penting, yaitu sebagai pemberi oksigen di dalam darah yang nantinya akan menuju saluran pernapasan dan oksigen tersebut akan masuk ke seluruh jaringan di dalam tubuh. Maka, tak heran bila kekurangan hemoglobin ini juga kerap kali disamakan dengan penyakit anemia.

Para ibu hamil yang mengalami kekurangan hemoglobin akan terganggu peredaran darah dan oksigennya ke seluruh tubuh. Padahal ketika ibu sedang hamil, ia justru membutuhkan sel darah merah dan hemoglobin yang cukup sebagai perkembangan dan pertumbuhan si jabang bayi. Tak hanya itu, apabila terjadi penurunan kadar hb ibu hamil secara drastis, maka akan menimbulkan penyakit parah dengan komplikasi yang serius.

Ada berbagai macam penyebab rendahnya kadar hemoglobin di dalam sel darah merah antara lain:

  • Kurang asupan nutrisi. Salah satu penyebab yang membuat jumlah hemoglobin dalam darah rendah adalah karena kurangnya asupan zat besi. Hal ini diperparah dengan tingginya tingkat konsumsi ibu hamil terhadap beberapa macam jenis makanan yang menghambat serapan zat besi, seperti kopi, soda, dan minuman berkafein atau beralkohol lainnya. Asupan gizi lain juga jangan sampai kurang, misalnya asam folat, vitamin B12, vitamin C, dan zat besi. Zat-zat tersebut yang membuat sel darah merah menjadi sehat.
  • Terlalu banyak melakukan aktivitas fisik. Terlalu banyak melakukan aktivitas berbahaya untuk ibu hamil. Tenaga yang terkuras akan membuat tubuh menjadi lelah. Terlebih bila kurang istirahat. Jadi, kurangi aktivitas berat dan cukup istirahat penting bagi ibu hamil.
  • Dehidrasi. Salah satu tanda bahwa orang mengalami kadar hemoglobin rendah adalah terlihat lemas, lesu, atau kurang bertenaga. Kondisi ini bisa disebabkan karena kurangnya cairan di dalam tubuh atau dehidrasi. Karena kurangnya cairan tubuh secara terus-menerus, membuat kadar hemoglobin di dalam sel darah merah menurun.
  • Pendarahan. Pendarahan juga bisa mengakibatkan penurunan kadar hb di dalam darah. Pendarahan yang terjadi bisa disebabkan karena wasir, terjatuh, kecelakaan dan lainnya.
  • Infeksi penyakit. Setidaknya terdapat beberapa jenis penyakit kronis yang bisa menurunkan kadar hb di dalam sel darah merah, contohnya penyakit di bagian organ ginjal, usus, jantung, hati, dan organ penting lainnya di dalam tubuh.
  • Penggunaan obat tertentu. Konsumsi sejumlah obat tertentu juga bisa menurunkan kadar hb di dalam sel darah merah. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here