Penyebab Infeksi Prostat atau Prostatitis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Prostatitis adalah peradangan (inflamasi) yang terjadi pada kelenjar prostat yaitu kelenjar yang memproduksi cairan mani yang berfungsi untuk memberi makan dan membawa sperma. Prostatitis bisa terjadi pada semua laki-laki dari segala usia, namun umumnya terjadi di bawah usia 50 tahun.

Berbeda dengan kanker prostat atau pembesaran kelenjar prostat yang cenderung dialami oleh pria lanjut usia. Lalu, apa saja penyebab infeksi prostat berdasarkan jenisnya?

  • Prostatitis bakteri akut

Prostatitis bakteri akut merupakan infeksi bakteri yang menyebar naik. Biasanya dipicu oleh bakteri E. coli  dan Pseudomonas. Bakteri penyebab infeksi menular seksual seperti Neisseria gonorrhoeae atau penyebab penyakit gonore, dan Chlamydia trachomatis. Prostatitis bakteri akut biasa terjadi pada pria di bawah 35 tahun.

  • Prostatitis bakteri kronis

Prostatitis bakteri kronis disebabkan oleh adanya penyebaran infeksi saluran kemih. Prostatitis bakteri dipicu oleh penyakit lain yaitu tuberkulosis ginjal, HIV, dan sarkoidosis.

Chronic prostatitis/chronic pelvic pain syndrome (CP/CPPS) merupakan jenis prostatitis yang cirikhasnya muncul mirip dengan prostatitis bakteri kronis, tapi terdapat perbedaan karena tidak ditemukan bakteri yang tumbuh.

  • Asymptomatic inflammatory prostatitis

Prostatitis yang meradang tapi tidak muncul gejala apapun. Asymptomatic inflammatory prostatitis Penyebabnya hampir sama dengan prostatitis bakteri kronis.

Selain penyebab berdasarkan jenis prostat tersebut, ada beberapa penyebab lain yaitu sebagai berikut:

  1. Adanya bakteri Escherichia coli (E coli) atau bakteri yang paling memunculkan infeksi prostat sampai 80%. Bakteri patogen ialah organisme gram negatif (misalnya, spesies Escherichia coli, Enterobacter, Serratia, Pseudomonas, Enterococcus, dan Proteus).
  2. Terdapat organisme penyebab penyakit menular seksual pada pria di bawah usia 35 tahun. Organisme yang sering muncul yaitu Chlamydia, Neisseria, Trichomonas, dan Ureaplasma.
  3. Terdapat organisme staphylococcal dan streptokokus seperti jamur, virus genital, dan parasit lain penyebab infeksi prostat.
  4. Terdapat agen infeksius (biasanya bakteri) dapat menyerang prostat dengan dua cara utama.
  5. Terdapat bakteri dari infeksi uretra sebelumnya bergerak melalui saluran prostat ke dalam prostat (kadang-kadang disebut infeksi retrograde).
  6. Terdapat gerakan urin yang terinfeksi ke jaringan prostat kelenjar sehingga menginfeksi melalui saluran ejakulasi (kadang-kadang disebut infeksi anterior).

Siapa yang Beresiko Terjangkit Penyakit Infeksi Prostat?

  1. Pria usia di atas 40 tahun lebih biasanya rentan terkena infeksi prostat karena sistem pertahanan tubuh semakin melemah
  2. Pola serta gaya hidup sangat buruk dan tidak karena aktivitas fisik seperti berolahraga sangat jarang dilakukan
  3. Pria perokok yang sudah sering merokok bertahun-tahun dan sehingga sudah biasa terkena asap rokok.
  4. Munculnya tekanan atau stress sehingga daya tahan tubuh semakin menurun.
  5. Pria dengan pinggul besar serta perut buncit.
  6. Penderita diabetes mellitus dengan  tipe 1 atau tipe 2.

Penyebab infeksi prostat ialah gaya hidup. Sebaiknya jangan terlalu sering ganti pasangan sehingga bisa terhindar dari penyakit ini. Demikian informasi mengenai penyebab infeksi prostat. Semoga bermanfaat bagi para pembaca setia sehingga infeksi prostat bisa diatasi sedini mungkin. Infeksi prostat cukup menyiksa laki-laki. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here