Penyebab Insomnia di Kalangan Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Insomnia merupakan fenomena yang sering dialami oleh para remaja. Biasanya para remaja menjadi tidak konsen ketika belajar di ruang kelas karena malamnya tidak tidur. Sebenarnya apa penyebab insomnia di kalangan remaja.

Apa Saja Penyebab Insomnia di Kalangan Remaja

Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya insomnia di kalangan pelajar ialah sebagai berikut:

  • Faktor Psikologi

Faktor psikologi dapat membuat remaja sering mengalami insomnia. Psikologi remaja sering terganggu karena sering mengalami stres yang berlebihan, sering mengalami paranoid, mengalami kecemasan yang parah, dan sering mengalami gangguan mental. Stress dipicu oleh interaksi sosial dengan lingkungan dan keluarga.

  • Faktor Lingkungan

Pola tidur remaja sering terganggu karena adanya lingkungan sekitar yang kurang mendukung, misalnya saja karena banyak mendapatkan tugas kuliah yang menumpuk sehingga sangat susah dikerjakan.

  • Adanya Tekanan

Remaja merupakan usia dimana seseorang lebih sering merasa tertekan. Tekanan bisa timbul dari orangtua, guru, teman, dan lain sebagainya sehingga membuat seorang remaja menjadi lebih sering merasa stress dan tidak konsen.

  • Adanya Penyakit Kronis

Ada banyak remaja yang mengalami penyakit kronis sehingga tindakannya juga sering mengalami keanehan. Remaja yang mengalami penyakit kronis dalam dirinya tersimpan ketakutan sehingga membuat mereka banyak merasa terganggu dengan apa yang dialami dan sering mengalami kesulitan tidur.

  • Handphone

Hanphone merupakan penyebab utama remaja menjadi susah tidur. Banyak remaja yang sekarang ini karena era globalisasi dan semakin berkembangnya teknologi sering membuat remaja menjadi lebih sering menghabiskan waktu pada saat malam hari dengan bermain handphone.

  • Internet

Remaja sering mengalami insomnia atau susah tidur karena terlalu sering bermain game online di media sosial seperti google, facebook twitter, dan lain sebagainya lainnya. Biasnya juga kalau bermain game online sembari minum kopi sehingga sulit tidur.

  • Kebiasaan Makan Malam

Banyak remaja yang terbiasa makan malam sehingga ketika malam hari selalu melakukan aktivitas. Aktivitas malam hari membuat remaja sering mengalami gangguan tidur. Gangguan tidur bisa terjadi oleh adanya aktivitas yang terjadi saat malam hari.

  • Kurang Aktivitas Positif

Banyak remaja yang sudah masuk ke perguruan tinggi justru mengalami insomnia. Insomnia terjadi oleh adanya  kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan selain kuliah. Kurangnya aktivitas di luar jam kuliah membuat remaja menjadi lebih sering merasa sulit tidur hingga pagi karena ketika siang hari biasanya mereka lebih sering mengisi waktu dengan tidur dan santai.

  • Kebiasaan Pergi di Malam Hari

Banyak remaja yang memiliki kebiasaan pergi di malam hari sehingga membuat mereka menjadi sulit tidur. Remaja banyak yang mengalami insomnia karena aktivitas di malam hari justru lebih optimal dibandingkan saat pagi hari.

Demikian informasi mengenai penyebab insomnia di kalangan remaja. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here