Penyebab Insomnia pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com –¬†Insomnia adalah gangguan tidur pada seseorang berupa kesulitan tidur atau bangun terlalu cepat secara terus menerus. Terjaga pada malam hari dan tidak bisa tidur dengan cepat dapat merugikan seseorang. Mereka mengantuk pada siang hari sehingga tidak produktif untuk menjalankan aktivitas. Penderita insomnia menyebabkan kurang tidur yang akan berdampak pada kelelahan, sakit kepala, mudah marah, perasaan tertekan dan kehilangan fungsi mental.

Insomnia dapat menyerang berbagai usia dan jenis kelamin. Terlebih pada pria.  Banyaknya aktivitas dan tanggung jawab pada pria sehingga mudah terserang insomnia. Penyebab Insomnia pada pria, antara lain:

  • Stres. Stres berlebihan akan berdampak buruk pada kualitas hidup seseorang, dimulai dari sulit tidur. Masalah keseharian di sekitar dilalui dengan kegelisahan yang terlalu memikirkan permasalahannya hingga akhirnya stres.
  • Depresi. Depresi dapat membuat seseorang menjadi sulit tidur atau kebalikannya yaitu selalu ingin tidur. Tidak berbeda jauh dengan stres, hal ini tidak baik bagi kesehatan.
  • Kelainan kronis. Kelainan seperti apnea, sakit ginjal, arthritis, diabetes, atau sakit yang dating mendadak memang kerap membuat penderita sulit tidur.
  • Efek obat-obatan. Mengonsumsi obat saat mengalami permasalahan fisik maupun psikis dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas tidur. Berhati-hatilah dalam penggunaan obat. Ikuti peraturan pemakaian dan perhatikan efek samping obat untuk keamanan diri.
  • Pola hidup buruk. Pola hidup yang tidak baik seperti mengonsumsi makanan dengan waktu yang salah, asupan makanan dan minuman yang tidak sehat, serta kurang olahraga dapat mengacaukan pola tidur seseorang.
  • Aktivitas tidak teratur. Para pekerja dengan jadwal kerja yang tidak teratur akan berdampak pada pola tidur mereka, seperti bekerja di malam hari atau pergantian shift yang tidak teratur.
  • Suasana tidur buruk. Tak hanya stres saja, namun suasana tidur yang tidak nyaman juga memengaruhi kualitas tidur seseorang. Meskipun tubuh lelah dan rasa kantuk menyerang, tetap akan sulit tidur. Hal ini karena¬† suasana tidur yang tidak nyaman, seperti suara gaduh di lingkungan sekitar, kotor, atau perasaan tak tenang yang tidak jelas.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY