Penyebab Jerawat Pada Wanita Dewasa

SehatFresh.com – Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum terjadi. Tidak hanya pada wajah, jerawat juga bisa muncul di dada, leher dan punggung. Jerawat muncul ketika pori-pori wajah tersumbat oleh minyak, sel-sel kulit mati dan bakteri. Jerawat remaja hingga dewasa merupakan salah satu kendala para wanita untuk tampil cantik dan percaya diri.  Jerawat yang berlanjut ke usia dewasa banyak dipengaruhi oleh faktor hormonal. Terlepas dari fluktuasi hormon alami yang terjadi mengiringi siklus menstruasi dan kehamilan, ketidakseimbangan hormon juga bisa terjadi karena kebiasaan yang Anda lakukan.

Pola makan yang tidak sehat

Pola makan yang tidak sehat selalu menjadi penyebab sebagian besar penyakit tidak terkecuali dengan jerawat. Konsumsi makanan kurang sehat seperti makanan kaleng atau makanan olahan yang mengandung bahan kimia secara langsung mengakibatkan jerawat. Itulah mengapa wanita yang bekerja lebih rentan terhadap jerawat karena mereka cenderung mengonsumsi makanan olahan yang praktis, seperti fast food atau junk food yang tinggi akan kandungan gula dan lemak. Pola makan yang tidak sehat akan berpengaruh pada keseimbangan hormon dalam tubuh.

Stres

Stres telah dikenal sebagai akar penyebab dari hampir semua gangguan kesehatan. Pasalnya, stres mengurangi kekuatan penyembuhan dalam diri manusia. Selain itu, stres juga meningkatkan tekanan mental pada manusia yang secara langsung memengaruhi konsumsi makanan mereka. Oleh karena itu, secara tidak langsung stres berkontribusi terhadap kemunculan jerawat terutama pada orang dewasa.

Penggunaan kosmetik yang tidak tepat

Sudah bukan rahasia bahwa wanita lebih memerhatikan perawatan kulit dibandingkan pria. Hal ini membuat mereka tidak bisa dihindarkan dari kosmetik. Namun, kosmetik juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau kosmetik kadaluarsa berkontribusi terhadap kemunculan jerawat pada wajah atau pun bagian tubuh lainnya. Penggunaan produk perawatan kulit maupun kosmetik yang membuat kulit berminyak dan menyumbat pori-pori merupakan salah satu hal yang menyebabkan atau mempersulit penanganan jerawat pada orang dewasa.

Kategori jerawat sangat beragam, dari jerawat ringan hingga serius. Jerawat yang sering dialami wanita dewasa (usia 25 tahun ke atas) adalah jerawat yang meradang  atau disebut pustula. Pustula ditandai dengan jerawat meradang berwarna kemerahan, bagian tengahnya menonjol dan berwarna kekuningan berisi nanah. Apabila pecah akan meninggalkan jaringan parut di kulit serta dapat menyebar dan mengakibatkan peradangan lebih luas lagi apabila tidak diobati segera. Untuk penanganannya pun diperlukan penanganan dokter ahli.

Sumber gambar : jerawatbatu.net

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY