Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jika saat ini Anda sedang hamil pasti akan muncul beberapa keluhan terhadap perubahan bentuk tubuh, seperti berat badan naik, kaki bengkak, dan lain-lain.

Diantara perubahan-perubahan bentuk tubuh yang dialami Ibu hamil yang paling sering dikeluhkan adalah adanya pembengkakan kaki yang terjadi saat usia kehamilan menginjak usia 24 minggu atau bisa juga terjadi saat usia kehamilan menginjak usia 28 minggu ke atas. Bengkaknya kaki pada ibu hamil sebenarnya dapat dianggap wajar atau biasa dalam kehamilan, dan bukan merupakan tanda bahaya. Membengkaknya kaki mungkin merupakan bagian dari tanda preeklampsia.

Keadaan ibu hamil dianggap tidak normal apabila muncul tanda-tanda gangguan pada nafsu makan berkurang, berat badan berkurang, kondisi kesehatan memburuk, dan adanya beberapa bagian tubuh yang bengkaknya tidak wajar selama kehamilan. Jadi apabila anda mengalami bengkak pada kaki selama ukuran bengkak masih dalam batas wajar, itu masih dapat dikatakan aman.

Namun tidak dapat dipungkiri, ibu hamil pasti akan tetap khawatir dengan adanya bengkak pada kaki. Oleh karena itu anda harus mengetahui beberapa penyebab timbulnya bengkak kaki, sehingga ibu dapat meminimalisir bengkak kaki yang berlebihan. Penyebab bengkak kaki pada ibu hamil meliputi:

  1. Banyaknya cairan pada kaki

Dengan bertambahnya usia kehamilan, rahim juga akan semakin membesar. Hal itu dapat menyebabkan cairan tertahan di bagian kaki 30 persen lebih banyak dibandingkan sebelumnya, dikarenakan adanya pembuluh darah balik di bagian kaki yang terhambat sehingga arus balik darah ke jantung menjadi terganggu.

  1. Beban yang berat

Penyebab lain terjadinya pembengkakan pada kaki dapat dipengaruhi karena kaki menerima beban lebih berat dibandingkan sebelumnya. Hal itu dikarenakan saat hamil, ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan yang sangat tajam. Berat badan yang meningkat itu membuat ibu hamil membebani kaki terlalu berlebihan sehingga kaki ibu akan mengalami pembengkakan.

  1. Kurang aktivitas

Ketika usia kehamilan ibu beranjak 24 minggu ke atas, ibu hamil akan cenderung mengurangi aktivitas dan lebih banyak duduk sehingga menyebabkan kakinya bengkak. Hal itu dikarenaka aliran darah di kaki tidak lancar maka timbulah pembengkakan.

  1. Aliran darah tidak lancar

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa kaki bengkak dapat terjadi karena pembuluh darah yang ada di kaki menjadi tersumbat dan terhambat. Tersumbatnya pembuluh darah itu menyebabkan aliran darah ke jantung juga mengalami gangguan. Akibatnya pembuluh darah yang tersumbat menimbulkan kaki bengkak.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY