Penyebab Kanker Penis dan Pencegahannya

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penis adalah bagian dari sistem reproduksi laki-laki yang sekaligus menjadi sistem ekskresi. Penis merupakan organ pada bagian antara pangkal paha yang memiliki fungsi sebagai saluran keluarnya air seni (urin) dan air mani (sperma).

Penis terdiri dari beberapa bagian, batang penis adalah bagian utamanya, dan kepala penis yang dikenal dengan sebutan glans. Kepala penis memiliki tiga ruang, dua diantaranya disebut corpora cavemosa yang terletak di bagian atas penis. Dan satu ruang disebut corpus spongiosum terletak di bawah corpora cavemosa.

Sama halnya dengan organ lain, ternyata penis juga dapat terserang kanker atau disebut penyakit kanker penis. Kanker penis adalah kanker yang terjadi karena pertumbuhan sel-sel kanker pada kulit atau jaringan penis yang tidak normal.

Angka kejadian kanker penis umumnya ditemukan di negara berkembang dimana mungkin ada hubungan dengan keadaan sanitasi yang kurang baik atau penyakit virus akibat hubungan seksual. Kanker penis jarang terjadi di negara bagian Barat. Namun lebih banyak ditemukan di Asia, Amerika Selatan dan Afrika.

Penyebab Kanker Penis

Penyebab kanker penis untuk saat ini memang masih belum ditemukan, namun ada beberapa ahli yang menemukan hal-hal yang mungkin dapat meningkatkan risiko munculnya kanker penis, seperti:

  1. Human Papilloma Virus (HPV)

Virus HPV yang menginfeksi organ reproduksi pria sehingga terjadi kanker penis adalah HPV tipe 16 dan HPV tipe 18. Infeksi virus ini biasanya karena berhubungan seksual dengan orang yang juga terinfeksi atau sudah terkena virus HPV tipe tersebut.

  1. Merokok

Kandungan yang dimiliki rokok seperti benzyrene merupakan alasan mengapa merokok dapat menyebabkan kanker penis, dimana zat kimia tersebut merupakan sumber dari kanker.

  1. Usia

Usia juga diperkirakan sebagai salah satu hal yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker penis. Umumnya, kanker penis terjadi pada pria usia lanjut mulai dari usia 60 tahun ke atas. Namun bagi pria usia muda juga harus berhati-hati dengan kanker yang satu ini.

  1. Tidak sunat

Umumnya kanker penis lebih sering ditemukan pada pria yang tidak disunat dibandingkan yang sudah disunat. Hal itu terjadi karena penis yang tidak disunat akan membuat lapisan putih yang terletak di atas kepala penis (smegma) sulit dibersihkan. Smegma ini dapat menyebabkan iritasi kronis dan menyebabkan kanker penis di kemudian hari.

  1. Perawatan psoriasis

Penelitian menunjukkan bahwa pria yang pernah melakukan terapi perawatan psoriasis memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita penyakit kanker penis.

Cara Pencegahannya

Kanker penis dapat dicegah dengan beberapa cara seperti berikut ini:

  • Hindari berhubungan seksual bebas atau jangan memiliki pasangan seks lebih dari satu.
  • Sebaiknya gunakan pelindung ketika berhubungan seks dengan pasangan.
  • Lakukan Sunat. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY