Penyebab Karang Gigi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Karang gigi adalah ganguan pada gigi dan mulut yang dapat membuat kita tidak nyaman. Setiap orang bisa mengalami masalah gigi yang satu ini. Karang gigi terbentuk akibat kotoran atau sisa makanan yang tertinggal di gigi, kemudian terjadi pengerasan yang disebabkan oleh air liur yang mengandung mineral.

Karang gigi yang menempel di gigi (utamanya yang berada di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh sikat gigi) bisa mengakibatkan kerusakan gigi yang lebih parah. Misalnya pengeroposan gigi dan bau mulut. Tentunya, Anda tidak mau hal ini terjadi pada Anda, bukan? Oleh karena itu, diperlukan pencegahan dan cara-cara untuk menghilangkan karang gigi yang sudah terlanjur terbentuk.

Kotoran pada gigi atau plak terbentuk akibat aktivitas bakteri yang mengubah sisa gula di atas permukaan email gigi. Plak sangat sulit dibersihkan, namun jika dibiarkan menumpuk dapat memicu gangguan kesehatan mulut yang lain, Akibatnya dapat menyebabkan berbagai penyakit gusi, seperti radang gusi (gingivitis) yang ditandai dengan gusi tampak kemerahan, agak membengkak, dan sering berdarah saat menggosok gigi.

Hal ini dapat berlanjut menjadi radang jaringan penyangga gigi lainnya (periodontitis) bila tidak segera dirawat. Bila sudah tahap ini dapat menimbulkan gigi goyang karena jaringan penyangga gigi sudah rusak.

Karang gigi juga dapat dijegah agar tidak muncul pada gigi anda, dibawah ini beberapa langkah untuk mencegah karang gigi

  • Jagalah kebersihan mulut dengan cara menyikat gigi dua kali sehari, dapat mencegah pembentukan plak pada permukaan email gigi.
  • Bersihkan sisa-sisa makanan dari sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi (dental floss) atau sikat interdental
  • Perbanyaklah minum air putih
  • Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung.
  • Lakukan pemeriksaan gigi secara berkala, 6 bulan sekali.

Karang gigi ini bias dihilangkan dengan beberapa cara berikut ini:

  • Pasta Gigi Ber-fluoride

Seperti yang telah disebutkan di atas, menggosok gigi dengan pasta gigi berfluoride adalah salah satu cara ampuh untuk mencegah karang gigi. Kandungan fluoride pada pasta gigi juga dapat mengikis karang gigi.

  • Menggosok Gigi dengan Seksama

Menggosok gigi dengan sikat gigi yang baik serta pasta gigi ber-fluoride dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Gosoklah gigi dengan seksama, sehingga gigi Anda bebas dari sisa makanan. Tak perlu keras-keras saat menyikat gigi, yang penting semua kotoran dapat terangkat.

  • Kurangi Konsumsi Gula dan Tepung

Makanan yang mengandung gula dan tepung dapat menyebabkan plak yang bisa memicu terjadinya pembentukan karang gigi. Oleh karena itu, kurangi konsumsi kedua bahan makanan ini supaya gigi Anda lebih sehat.

  • Bubuk Cengkeh

Gunakan bubuk cengkeh untuk menggosok karang gigi yang sulit dibersihkan. NAmun, sebaiknya Anda melakukannya dengan hati-hati supaya tidak melukai gusi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY