Penyebab Kegemukan Selain Makanan

Berat badan umumnya bertambah ketika kalori yang dibakar tubuh saat beraktivitas lebih sedikit daripada kalori yang masuk dari makanan yang dikonsumsi. Makan terlalu banyak dan tidak rajin olahraga mungkin jadi faktor utama penyebab kegemukan. Tapi ternyata penyebab kegemukan tidak hanya terletak pada makanan. Ternyata, berat badan berlebih bisa disebabkan hal-hal yang bisa jadi tidak pernah kita duga sebelumnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa hal-hal yang tidak terduga juga bisa menjadi faktor penyebab naiknya berat badan seseorang. Apa saja itu?

Kurang tidur

Jam tidur yang kurang dan tidak berkualitas bisa memengaruhi pembentukan glukosa yang berujung pada munculnya penyakit diabetes. Kuang tidur bisa menambah rasa lapar serta membuat tubuh merasa lelah sepanjang hari sehingga aktivitas fisik pun berkurang. Kurangnya olahraga dan ketidakaktifan fisik bisa memicu kenaikan berat badan yang lebih cepat.

Stres

Stres nyatanya juga bisa jadi salah satu penyebab kegemukan. Ketika mengalami stres, sebagian orang akan mempunyai kecenderungan untuk sering makan. Hal semacam ini terjadi karena makanan yang memiliki kandungan unsur karbohidrat tinggi yang bisa menambah kandungan serotonin di dalam otak sehingga akan timbul dampak yang menenangkan.

Efek pengobatan medis

Banyak pengobatan yang memiliki efek samping menggemukkan tubuh. Beberapa jenis obat seperti anti-depresan, Pizotifen (obat migrain), obat-obatan untuk diabetes dan bera-blockers (tekanan darah tinggi) telah dikaitkan dengan kegemukan. Namun, peningkatan berat badan karena konsumsi obat-obatan tertentu terkadang hanya disebabkan oleh penumpukan cairan. Pertambahan bobot karena kondisi ini tidak bersifat permanen dan umumnya akan segera hilang pasca masa konsumsi obat.

Polusi

Zat-zat berbahaya seperti endocrine (zat kimia yang terdapat pada plastik) dan sisa pembakaran sampah yang ditemukan dalam tubuh manusia, sering dihubungkan dengan obesitas. Begitu juga dengan zat yang terdapat dalam pestisida. Zat-zat tersebut bisa mengganggu sistem kerja dan menghambat metabolisme tubuh.

Teknologi

Gaya hidup dengan segala kemudahan seperti akses internet ke hampir segala tempat dapat membuat orang lebih lama duduk di depan layar dibandingkan sebelumnya sehingga kurang melakukan aktifitas fisik. Kebiasaan duduk dalam waktu lama ini kerap dipadukan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan ringan berkalori tinggi sehingga menyebabkan pertambahan berat badan.

Sering berada di ruangan AC

Kegemukan juga bisa disebabkan karena terlalu sering di ruangan ber-AC, kenapa? Berada di sebuah ruangan yang dingin dan sejuk membuat tubuh tidak menghasilkan kehangatan atau tidak ada produksi kalor sama sekali di dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan lemak tidak terolah dengan baik dan akhirnya hanya tertimbun di dalam perut.

Meski lebih sulit dideteksi, faktor-faktor penyebab kegemukan tetap dapat dimodifikasi. Hal sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan membiasakan memiliki jam tidur dengan cukup, serta mulai tidur dan bangun di jam yang sama tiap hari. Selain itu, baik karena konsumsi obat atau karena keadaan kesehatan, peningkatan berat badan umumnya disebabkan oleh menurunnya kondisi metabolisme tubuh. Bergerak aktif tiap hari, seperti berjalan kaki menaiki tangga, adalah satu cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh agar metabolisme tubuh dapat berjalan optimal. Dengan olahraga secara teratur, suasana hati juga akan lebih baik sehingga bisa menghindarkan Anda dari stres dan depresi berlebih.

*pic kewanitaan.blogspot.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here