Penyebab Kelainan Kehamilan Plasenta Previa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ibu yang sedang hamil tentu saja menginginkan kondisi rahimnya sehat. Salah satu bagian penting dlam rahim adalah, plasenta ini adalah organ yang sngat lur biasa, plasenta adalah suatu organ dalam kandungan masa kehamilan dimana pertumbuhan dan perkembangan plasenta menjadi penting bagi perkembangan dan pertumbuhan janin, letak plasenta sendir berada tepat di dalam kandungan/rahim, bentukny bundar seperti piringan tebal, berisi pembuluh drah yang berasal dari tali pusar.

Fungsi plasenta sendiri adalah untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi yang diberikan dari tubuh ibu ke janin melalui tali pusar, mengeluarkan setiap produk limbah seperti urea atau karbon dioksida, kemudian plasenta juga berfungsi untuk menjadi benteng pertahanan bagi si bayi karena plasenta dapat menghilangkan aktivitas racun yang melewati plasenta, dan plasenta juga dapat berfungsi untuk mengatur hormon sehingga ibu tidak mengalami menstruasi pada saat kehamilan.

Dibalik fungsinya yang sangat luar biasa. Ibu juga harus waspada karena pada plasenta ini dapat terjadi beberapa kelainan slah satunya adalah plasenta previa, meskipun kondisi ini termasuk kondisi yang agak jarang terjadi, perbandingannya adalah 1 dari 200 ibu hamil akan mengalami plasenta yang menempel di leher rahim, tetapi Anda tidak ada salahnya untuk waspada. Plasenta previa pada umumnya terjadi pada masa awal kehamilan dan meningkatkan resiko ibu mengalami pendarahan sebelum melahirkan.

Pendarahan disebabkan karena pembuluh darah pada rahim yang menipis membentang dan pecah. Seiring dengan bertambahnya usia kandungan terutama pada trisemester kedua dan ketiga, leher rahim akan melebar untuk membuka jalan bagi persalinan. Leher rahim yang terlalu tipis akan menyebabkan plasenta menempel dan tidak dapat bergerak ke atas.

Normalnya, plasenta akan naik ke atas seiring dengan berkembangnya rahim dan menjauhi serviks atau leher rahim untuk memberi jalan pada saat persalinan. Jika plasenta tidak berkembang dan tetap berada di bawah rahim, maka jalan ke leher rahim untuk melahirkan normal akan tertutup sebagian atau sama sekali. Kondisi inilah yang disebut dengan plasenta previa.

Apa sajakah yang dapat menyebabkan plasenta previa ini terjadi/ berikut adalah beberapa penyebabnya, antara lain:

  • Memiliki kelainan pada rahim. Plasenta Previa sering terjadi akibat kelainan pada rahim, baik itu karena faktor bawaan, ataupun karena kerusakan (trauma) akibat: Pernah menjalani operasi pada rahim, misalnya kuret atau pengangkatan Kista atau Miom . Pernah melakukan Aborsi atau riwayat, atau keguguran.
  • Kebiasaan buruk Merokok dan penggunaan Kokain. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh termasuk mengakibatkan masalah pada rahim. Dari kondisi kelainan rahim ini, ibu bisa mengalami Plasenta Previa, walau ini adalah kehamilan pertama Anda.
  • Endometrium di fundus uteri belum siap menerima implantasi. Plasenta previa merupakan implantasi di segmen bawah rahim dapat disebabkan oleh endometrium di fundus uteri belum siap menerima implantasi, endometrium yang tipis sehingga diperlukan perluasaan plasenta untuk mampu memberikan nutrisi pada janin, dan vili korealis pada chorion leave yang persisten.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY