Penyebab Kelainan Tulang (Lordosis) pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kelainan pada tulang atau disebut lordosis adalah kondisi di mana tulang pada punggung mengalami bentuk melengkung akibat beberapa faktor. Kelainan tulang ini biasanya sangat mudah untuk dilihat karena memiliki ciri yang khas tulang punggung bagian bawah terlihat sangat melengkung. Kondisi kelainan tulang umumnya terjadi karena tekanan yang terlalu berat pada tulang belakang sehingga akan mengakibatkan tulang menjadi melengkung.

Kelainan tulang punggung ini sangat menyakitkan karena akan menyebabkan rasa yang nyeri dan tidak nyaman. Jika melakukan scan, maka tulang punggung akan terlihat seperti huruf C pada bagian punggung bawah. Perlu diketahui juga bila kelainan tulang bisa terjadi pada siapa saja, bahkan pada wanita.

Penyebab dari kelainan tulang lebih dikarenakan kondisi tubuh masing-masing orang memiliki karakteristik yang berbeda. Kelainan tulang juga disebabkan oleh faktor keturunan karena mengalami kelainan sejak mereka berada di dalam kandungan sang ibu. Untuk mendeteksinya sebaiknya saat masa kehamilan cek secara berkala kesehatan janin sehingga risiko terkena kelainan tulang dapat diminimalisir.

Posisi duduk yang salah juga menjadi salah satu pemicu terjadi pada kelainan tulang pada wanita. Hindari membawa barang-barang berat karena bisa membuat tulang punggung melengkung. Pada usia tua tubuh dan tulang seorang wanita semakin keropos dan mengalami osteoporosis. Cara menanganinya dengan berolahraga ringan dan konsumsi susu khusus dengan tinggi kalsium dan rendah lemak.

Faktor berat badan yang tidak seimbang atau terlalu gemuk juga menjadi salah satu pemicu lordosis karena tulang punggung akan menopang berat badan yang terlalu berlebihan sehingga akan melengkung terutama bagi Anda yang mengalami obesitas karena sangat berisiko terkena kelainan tulang jauh lebih besar. Untuk mengantisipasinya sebaiknya Anda mulai melakukan diet sehat agar tubuh menjadi jauh lebih sehat serta terhindar dari risiko kelainan tulang.

Selain itu tulang belakang yang rapuh karena terlalu sering menahan beban yang berat juga dapat meningkatkan risiko kelainan tulang. Faktor kelainan tulang sejak lahir juga dapat menyebabkan kelainan tulang dikemudian hari. Periksalah kesehatan janin sejak sedini mungkin untuk mengetahui adanya kelainan tulang janin. Pencegahan lebih dini jauh lebih baik daripada menangani.

Penggunaan alas kaki atau hak tinggi juga menyebabkan kelainan tulang dengan cepat. Penggunaan hak tinggi akan membuat kekuatan tubuh bertumpu pada satu titik sehingga tulang punggung dapat melengkung. Gangguan kifosis yang menyerang Anda juga dapat mengakibatkan terkena kelainan lordosis. Hal ini disebabkan karena kondisi tulang pada punggung bawah akan mengalami perubahan struktur.

Bagi Anda yang mengalami kelainan tulang sebaiknya segera ditangani dengan baik atau mengunjungi dokter untuk diberikan penanganan yang tepat. Anda juga bisa mulai dengan pencegahannya rajin berolah raga serta memakan makanan yang bergizi sehingga akan terhindar dari kelainan tulang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY