Penyebab Kelebihan Yodium atau Hipertiroidisme pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hipertiroidisme adalah kelainan yang terjadi pada kelenjar tiroid dimana pada kelenjar ini menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah yang besar, kelebihan tidroid dalam tubuh dapat membuat tubuh memiliki metabolisme yang tinggi, gejala yang umumnya timbul dari penyakit ini adalah penderita akan cepat merasa kelelahan, mudah berkeringat dan lain sebagainya. bisa dikatakan kondisi ini adalah kondisi yang berbahaya apalagi menyerang remaja dimana masih sangat membutuhkan metabolisme untuk pertumbuhan tubuh, selain itu metabolisme yang terlalu tinggi juga dapat mengahambat remaja dalam beraktivitas.

Tentu saja hipertiroidisme tidak muncul dengan sendirinya, hipertiroid dapat terjadi karena beberapa hal, seperti berikut:

  • Penyakit Graves. Penyakit ini adalah salah satu penyebab paling sering dari timbulnya hipertiroidisme. Graves adlah penyakit autoimun yang membuat produksi hormon tiroid meningikat. Hormon tiroid adalah salah satu hormon yang sangat berpengaruh pada tubuh dan tersebar diseluruh tubuh, gejala yang timbul pun bisa sangat luas dan sulit di deteksi, gejalanya antara lain adalah hiperaktivitas, tremor ringan, kehilangan berat badan padahal nafsu makan dan lain-lain, ini adlah penyakit yang akan membawa dampak buruk jika tidak ditangani dengan baik maka jika sudah timbul gejala-gejala dari Graves lebih baik segera bawa ke pihak medis untuk diperiksa lebih lanjut.
  • Tiroiditis. Ini adalah kondisi peradangan tiroid, kondisi ini dapat terjad karena adanya virus atau masalah sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan kelenjar tiroid membengkak sehingga hormon tiroid bocor ke dalam aliran darah.
  • Toxic Multinodular Goiter. Timbulnya benjolan berbentuk bulat dan memiliki tekstur keras di leher dapat menjadi salah satu tanda timbulnya penyakit ini. jika satu benjolan yang timbul maka disebut (Single nodul) atau apabila lebih dari satu disebut (multinodular). Benjolan ini dapat menjadi hipertiroidisme karena dengan adanya benjolan ini dapat secara bertahap meningkatkan aktivitas kelenjar dan jumlah hormon tiroid dalam darah.
  • Kelebihan yodium. Perlu diingat bahwa sesuatu yang baik sekalipun jika dikonsumsi berlebihan malah akan membawa dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah yodium, diketahui manfaat yodium digunakan oleh tubuh untuk membuat hormon tiroid, meskipun begitu cukup secukupnya saja dalam mengkonsumsinya.
  • Obat tiroid. Penderita yang awalnya di diagnosis menderita hipotiroidisme atau kekurangan hormon tiroid maka dalam pengobatannya akan banyak mengkonsumsi obat yang dapat memacu timbulnya produksi tiroid yang, maka ini dapat berakibat pada hipertiroidisme. Maka pada penderita hipotiroidisme sebaiknya konsumsi obat secara teratur dengan dosis yang sudah diberikan dan jangan sekali-kali berfikiran untuk melipatgandakan dosisnya sendiri.
  • Kanker tiroid. Ini adalah kondisi yang sangat langka, adanya kanker tiroid bermula dari jaringan folikel troid dan sel-sel kanker mulai menghasilkan banyak hormon tiroksin yang dapat mengakibatkan timbulnya hipertiroidisme.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY