Penyebab Kepala Pusing Setelah Olahraga

www-sehatfresh.com

SehatFresh.com – Melakukan aktifitas sehari-hari di ruangan ber AC dan hanya duduk mengerjakan tugas yang banyak di komputer anda kegiatan yang sangat menjenuhkan bukan. Nah pada saat hari libur tiba anda berolahraga harapannya untuk mendapatkan stamina dan kebugaran pada tubuh anda. Tetapi hal ini justru membuat anda pusing sakit kepala yang tidak tertahan saat anda berolahraga.

Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor penyebab kondisi tersebut, bisa karena darah menggumpal di kaki anda saat anda berdiri, kepanasan dan menghentikan berolahraga anda secara tiba-tiba. Hal ini dikarenakan meningkatnya ukuran vertikel jantung, tetapi juga bisa mengurangi aliran darah balik ke jantung setelah berdiri atau berlari cukup lama.

Kondisi pusing kepala adalah salah satu hal yang dialami oleh beberapa orang saat berolahraga. Rasa pusing itu muncul terutama apa bila anda melakukan latihan berintensitas tinggi atau mengangkat beban berat. Dalam kondisi normal, rasa pusing itu akan hilang dengan sendirinya setelah kita beristirahat atau berhenti melakukan aktivitas olahraga.

Penyebab kepala pusing dan sakit ketika anda berolahraga di sebabkan oleh beberapa faktor seperti :

  1. Kekurangan cairan tubuh (dehidrasi)

Kurangnya cairan tubuh anda dapat membuat anda menjadi pusing dan sakit kepala, untuk mencegahnya anda tidak boleh kekurangan cairan minumlah sekitar 500 ml dua jam sebelum anda berolahraga. dan jika di tengah olahraga anda ada haus harus segera minum air mineral agar tidak dehidrasi.

  1. Gangguan kesehatan tertentu

Jika anda mengalami pusing saat nada berolahraga ini menjadi indikasi adanya penyakit yang mungkin anda derita, nah salah satu penyekit yang menyebabkan kondisi ini adalah gangguan penyakit jantung dan hipertensi. Untuk mengurangi intensitasnya anda disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu selama 5 menit dan juga pendinginan. Dengan demikian pasokan oksigen di jantung akan tetap tercukupi.

  1. Mempunyai kadar Gula darah yang rendah

Rendahnya kadar gula dalam tubuh anda yang biasa disebut (Hopoglikemia) membuat tubuh anda tidak cukup untuk mendapatkan asupan gula, sehingga anda akan merasakan pusing saat berolahraga, akan tidak terjadi sebaiknya anda makan terlebih dahulu  2 sampai 4 jam sebelum olahraga

  1. Cara bernapas yang salah

Nah salah satu faktornya yaitu anda salah saat melakukan tehnik bernapas hal ini dapat menyebabkan anda mengalami pusing. Karena anda melakukan napas yang terlalu cepat dan terlalu dalam maka aturlah napas anda sedemikian rupa. Maka akan terhindar dari keluhan pusing saat berolahraga.

  1. Tekanan darah yang Rendah

Pusing saat berolahraga bisa disebabkan oleh tekanan darah yang rendah. Pencegahan yang dilakukan dapat dilakukan makanan kacang- kacangan, sayuran, atau buah 2 sampai 4 jam sebelum mulai olahraga.

  1. Berhenti secara Tiba-tiba

Saat anda berhenti secara tiba-tiba hal ini akan menjadi pemicu dan mengakibatkan anda pusing dan sakit kepala karena di saat jantung memompa lebih cepat untuk mengalirkan darah ke otot-otot yang sedang bekerja.

Enam penyebab ini yang akan mengakibatkan anda mengalami sakit kepala dan pusing saat berolahraga. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here