Penyebab Kerusakan Gigi pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gigi merupakan bagian tubuh paling penting bagi manusia. Gigi berfungsi untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia. Sebab, adanya gigi akan mempermudah manusia saat mengunyah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Namun, gigi dapat rusak karena beberapa sebab, terutama pada anak-anak yang belum bisa menjaga sendiri kesehatan giginya.

Berikut penulis paparkan beberapa penyebab kerusakan gigi yang biasa terjadi pada anak-anak.

  • Kerusakan gigi akibat bakteri

Adanya penumpukan sisa makanan pada gigi menyebabkan bakteri berkembangbiak dan memakan sisa makanan tersebut. Penumpukan sisa makanan ini juga akan berubah menjadi asam, sehingga membuat enamel gigi mengalami pelunakan. Pelunakan enamel gigi ini membuat gigi menjadi berlubang.

Bakteri yang telah berkembangbiak akan bersarang dan menggerogoti enamel gigi. Proses ini akan menyebabkan pembusukan pada gigi dan akhirnya membuat gigi berlubang.

  • Kerusakan gigi akibat gigi tidak rata

Tercabutnya gigi susu sebelum waktunya, membuat gigi yang tumbuh setelahnya memiliki resiko untuk tumbuh secara tidak merata. Pertumbuhan gigi yang tidak merata ini membuat sisa makanan terselip di sela-sela gigi sehingga sulit dibersihkan. Adanya gigi tidak merata yang menyebabkan makanan terselip ini juga meningkatkan resiko gigi berlubang akibat bakteri.

Selain itu, resiko gigi berlubang juga akan meningkat jika anak memiliki kebiasaan yang buruk saat menggosok gigi, misalnya gosok gigi tidak teratur dan cara yang salah saat menggosok gigi.

  • Kerusakan gigi akibat kebiasaan mengonsumsi susu dengan botol

Kebiasaan yang dimiliki oleh anak-anak, yakni mengonsumsi susu menggunakan botol memang terbilang wajar. Banyak dari anak-anak yang mengonsumsi susu menggunakan botol dengan posisi berbaring. Posisi ini memang membuat anak merasa nyaman, namun, kebiasaan meminum susu menggunakan botol dengan posisi berbaring akan membuat susu yang diminum meninggalkan bekas di gigi anak.

Sisa susu ini akan menjadi makanan bagi bakteri. Sisa susu ini juga lama-kelamaan berubah menjaadi asam. Proses inilah yang akan meningkatkan resiko berkembangbiaknya bakteri, sehingga membuat gigi lebih cepat rusak dan berlubang akibat adanya bakteri.

  • Kerusakan gigi akibat tidak rutin menggosok gigi

Seperti yang telah ditulis di atas, kebiasaan buruk yang dimliki anak dengan tidak rutin menggosok gigi membuat bakteri tinggal dan berkembangbiak di sela-sela gigi, sehingga membuat gigi berlubang. Selain itu, cara menggosok gigi yang salah juga membuat sisa makanan tidak terangkat dengan baik. (IKS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here