Penyebab Ketiak Terlihat Hitam

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berpenampilan yang indah, bersih dan wangi merupakan hal yang berkontribusi pada tingkat kepercayaan diri wanita untuk tampil di tempat umum. Namun, apa jadinya jika sudah pakai baju yang sangat indah tapi ternyata ketiak anda terlihat hitam. Itu merupakan hal yang buruk bagi wanita, apalagi wanita yang senang memakai baju dimana bagian ketiak terlihat pasti kepercayaan dirinya akan menurun.

Penyebab dari menghitamnya ketiak sangat banyak. Bahkan sebenarnya mungkin anda melakukan beberapa hal dari penyebab ketiak menghitam namun belum anda sadari. Agar anda dapat mengetahuinya dengan cepat, berikut beberapa penyebab ketiak menghitam:

  1. Mencukur rambut ketiak

Rambut ketiak yang memanjang juga akan menganggu keindahan seorang wanita. Sehingga wanita terbiasa mencukur rambut ketiak yang mana kebiasaan tersebut juga merupakan salah satu penyebab ketiak menghitam. Hal itu terjadi karena sisa rambut yang tidak terpotong saat di cukur akan tertinggal dan membuat kesan warna ketiak anda menghitam.

  1. Memakai deodoran

Deodoran yang anda pakai setiap pagi sebelum beraktivitaspun juga menyebabkan ketiak menghitam. Sebab beberapa kandungan dalam deodoran dapat membuat kulit ketiak menghitam.

  1. Hiperpigmentasi

Perubahan kulit seringkali dikaitkan dengan adanya hiperpigmentasi yaitu saat kulit memproduksi melanin sehingga terjadi perubahan warna pada bagian tertentu tubuh. Meskipun jarang, namun hiperpigmentasi juga menjadi faktor penyebab menghitamnya ketiak.

  1. Kondisi kesehatan

Kondisi kesehatan yang menyebabkan ketiak menghitam salah satunya yaitu Acanthonis nigricans yaitu kondisi kesehatan yang dapat memicu menghitamnya kulit pada kulit ketiak, siku, lutut, dan atau lipatan kulit lainnya. Kondisi ini lebih sering diderita oleh orang berkulit gelap dan memiliki obesitas.

  1. Infeksi bakteri

Infeksi bakter yang disebabkan corynebacterium minutissimum yaitu Erythrasma. Orang yang terinfeksi ini basanya akan terdapat bercak coklat kemerahan pada ketiaknya dan sedikit bersisik yang juga membuat ketiak terlihat hitam.

  1. Kehamilan

Pada wanita hamil menghitamnya ketiak bisa disebabkan karena ibu hamil mengalami perubahan hormon yang dapat meningkatkan melanin sehingga membuat ketiak menghitam.

  1. Menggunakan krim pencukur rambut

Dengan perkembangan zaman, sekarang anda dapat dengan mudah mencukur rambut ketiak dengan bantuan krim pencukur rambut. Namun anda juga perlu hati-hati karena kandungan bahan kimia krim pencukur rambut juga berkontribusi dalam menghitamnya ketiak dan biasanya disertai adanya iritasi kulit.

  1. Adanya tumpukan sel kulit mati

Karena ketiak merupakan bagian tubuh yang terdiri dari lipatan terkadang membuat kita sulit membersihkannya. Sehingga ketiak yang kurang dirawat akan meninggalkan sel kulit mati yang mana jika terkumpul akan memberikan kesan ketiak yang terlihat menghitam. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here