Penyebab Krisis Percaya Diri pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Krisis percaya diri remaja merupakan sebuah perasaan dimana remaja merasakan ada sesuatu yang kurang sehingga membuat remaja itu merasa bahwa tidak pantas ada dalam lingkungan masyarakat. Masyarakat disini mencakup kalangan anak, remaja dan dewasa, karena krisis percaya diri bisa menimpa siapa saja.

Apa Saja Penyebab Krisis Percaya Diri?

Kurangnya rasa percaya diri bertanggung jawab atas penyebab emosi extreme yang bisa mengarah pada depresi, percobaan bunuh diri dan penyakit fisik dan mental, kehamilan di usia muda atau bahkan kekerasan terhadap anak-anak. Rasa percaya diri yang kurang juga bertanggung jawab terhadap kekerasan remaja yang menyebabkan kerusakan mental dan fisik yang fatal.

  • Terabaikan

Anak-anak yang tumbuh tanpa mendapatkan cinta dan kasih sayang yang cukup akan merasa terabaikan dan bersikap acuh tak acuh saat mereka dewasa. Mereka akan merasa kesulitan untuk mempercayai dan bergaul orang lain.

  • Kritik yang berlebihan

Saat seorang anak terus menerus diingatkan bahwa dia nakal, itu akan membuatnya menjadi depresi dan hilang percaya diri. Kejadian-kejadian seperti ini akan menyebabkan dirinya merasa tidak berharga, membuatnya menjadi pesimis dan enggan untuk melakukan sesuatu yang positif.

  • Pengaruh dari orang tua dan keluarga

Orang tua cenderung utuk mempengaruhi anaknya dengan merefleksikan mimpi-mimpi mereka yang tidak terpenuhi. Mereka membuat kesalahan dalam memilih karir sehingga ketidak bahagiaan tersebut mempengaruhi anak-anaknya.

  • Pencapaian

Orang bekerja untuk mencapai sukses dalam hidupnya dan saat mereka gagal setelah bekerja keras, mereka memperlakukan kegagalan tersebut sebagai kenyataan pahit yang menyebabkan hilangnya rasa percaya diri.

  • Penampilan fisik

Penampilan fisik dari seseorang itu sangat penting karena itu yang paling mempengaruhi. Orang yang berpenampilan buruk alan tidak percaya diri saat membandingkan dirinya dengan orang yang berpenampilan lebih baik. Ini akan menciptakan perasaan malu, yang menyebabkan mereka mengisolasi diri dari kehidupan sosial.

  • Pengalaman negative

Kurangnya rasa percaya diri terkadang disebabkan oleh pengalaman yang negatif. Anak-anak cenderung untuk meniru hal-hal negatif disekitarnya. Orang dewasa juga terkadang suka ikut-ikutan melakukan aktivitas-aktivitas tertentu yang membahayakan rasa percaya dirinya.

  • Kekerasan terhadap anak-anak

Orang yang kurang percaya diri biasanya pernah mengalami kekerasan yang menyebabkan kerusakan fisk maupun mentalnya sewaktu masih berusia kanak-kanak. Kekerasan fisik ini termasuk kejahatan seksual terhadap anak-anak, yang biasanya bisa disembuhkan, akan tetapi, kekerasan terhadap mental akan membekas sangat dalam dan sangat sulit untuk disembuhkan. Pelaku kekerasan terhadap anak-anak ini biasanya adalah keluarga teman, kerabat, tetangga, orang asing dan wali atau orang tua tiri.

  • Pengangguran

Seseorang yang tidak mempunyai pekerjaan akan merasa putus asa dan tidak beguna. Kegagalan untuk mencukupi kebutuhan keluarganya akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here