Penyebab Kulit Kepala dan Rambut Berminyak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Rambut merupakan mahkota bagi kaum wanita, dianggap sebagai mahkota karena dengan rambut yang indah maka wanita bisa tampil cantik. Namun, terkadang untuk menjaga rambut tetap indah cukup sulit jika kulit kepala dan rambut selalu berminyak. Kepala dan rambut berminyak akan menganggu penampilan rambut anda karena akan mudah lepek dan susah diatur.

Keadaan kulit kepala dan rambut berminyak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa faktor atau hal-hal yang dapat menyebabkan kulit kepala dan rambut anda menjadi berminyak:

  1. Produksi kelenjar minyak yang berlebihan

Seperti kulit pada bagian tubuh lainnya, kulit kepala juga memiliki kelenjar minyak. Sekresi kelenjar minyak pada kulit kepala ini dikeluarkan melalui pori-pori di kulit kepala. Normalnya kulit kepala dan rambut tidak berminyak jika kelenjar minyak yang dikeluarkan kepala dalam jumlah normal, tapi bisa jadi jika produksi kelenjar minyak kepala anda berlebihan maka dapat menyebabkan kulit kepala dan rambut anda menjadi berminyak.

  1. Kotoran

Kotoran atau paparan yang anda dapatkan setelah beraktivitas seharian di luar juga bisa menyebabkan kulit kepala dan rambut anda berminyak. Kotoran tersebut contohnya polusi udara seperti asap dari kendaraan. Dalam asap kendaraan mengandung komponen dari minyak bahan bakar, oleh karena itu dapat membuat kulit kepala dan rambut anda berminyak jika terpapar asap kendaraan.

  1. Sering membelai rambut dengan tangan

Kebiasaan yang dianggap remeh yaitu membelai rambut dengan tangan ternyata bisa menjadi salah satu faktor penyebab mengapa kulit kepala dan rambut anda menjadi berminyak. Hal itu terjadi karena sebelum membelai rambut bisa jadi tangan kita dalam keadaan kotor akibat memegang suatu benda dan ternyata belum cuci tangan. Sehingga kotoran berpindah ke rambut dan memicu rambut anda menjadi berminyak.

  1. Terlalu sering makan makanan berminyak

Terlalu sering atau banyak makan makanan berminyak memang tidak baik, salah satu buktinya yaitu dapat menyebabkan kulit kepala dan rambut anda berminyak. Hal itu terjadi karena makan makanan berminyak akan membuat tubuh anda bereaksi mengeluarkan minyak melalui pori-pori yang membuat kulit kepala dan rambut berminyak.

Itulah beberapa penyebab mengapa kulit kepala dan rambut anda sering berminyak. Penyebab tersebut bisa berbeda-beda pada masing-masing orang. Oleh karena itu sebaiknya kenali terlebih dahulu mana penyebab kulit kepala dan rambut berminyak yang anda alami sehingga bisa memutuskan penanganan yang sesuai dengan penyebab yang anda alami. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here