Penyebab Kulit Ketiak Menghitam

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Wanita ingin selalu tampil menarik dan sempurna disegala aktivitasnya. Tampilan sempurna bagi mereka sangatlah penting untuk meningkatkan rasa percaya diri. Memiliki bentuk tubuh yang seksi yang di dukung make up dan fasion adalah andalan bagi setiap wanita sehingga jenis perawatan seluruh tubuh selalu dilakukannya agar kulit selalu bersih dan putih.

Salah satu perawatan kulit wanita yaitu selalu menjaga warna kulit ketiak mereka agar tidak hitam. Apabila kulit ketiak terlihat hitam akan membuat wanita tidak merasa percaya diri atas penampilannya, terlebih bagi mereka yang senang menggunakan baju tanpa lengan atau baju lengan pendek. Berikut ini beberapa penyebab yang membuat kulit ketiak mu menjadi hitam, diantaranya :

  1. Mencukur dan krim pencukur rambut

Kebiasaan mencukur bulu ketiak dapat membuat kulit ketiak menjadi hitam, hal ini dikarenaka pada saat mencukur tidak dapat sampai pada akarnya. Folikel rambut ketiak masih terlihat jelas di ujung sehingga hal ini seolah-olah terlihat lebih gelap. Selain itu tindakan ini beresiko terjadinya iritasi. Selain itu dengan mengoleskan krim pencukur bulu juga menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam hal ini dikarenakan kandungan bahan kimia yang terdapat di dalamnya.

  1. Gesekan blus

Gesekan blus merupakan fakta menghitamnya kulit kepala, meski terdengar sepela akan tetapi hal ini benar adany. Gesekan antara pakaian yang dikenakan anda dan ketiak beresiko terjadinya kulit ketiak menjadi hitam.

  1. Sel kulit mati

Apabila anda jarang membersihkan ketiak maka akan terjadi penumpukan sel kulit mati dan mengakibatkan kulit ketiak menjadi gelap. Selain itu penumpukan sel kulit mati dapat menyebabkan sel kulit yang baru mengalami kesulitan untuk bergenerasi. Maka dari itu untuk menghindari hal ini anda harus rajin membersihkan ketiak saat mandi menggunakan sabun, scrub atau lulur.

  1. Infeksi bakteri

Erythrasma merupaka suatu infeksi bakteri yang disebabkan oleh corynebacterium minutissimum. Hal ini mengakibatkan adanya bercak berwarna coklat kemerahan yang menyerupai sisik dengan batas yang tegas. Bercak tersebut biasanya muncul pada saat cuaca dalam keadaan hangat dan terkadang seseorang yang mengalami ini akan merasa gatal pada bagian ketiak.

  1. Acanthosis nigricans

Acanthosis nigricans yaitu suatu keadaan dimana terjadi perubahan warna pada bagian leher, ketiak atau bagian alat kemaluan menjadi hitam. Hal ini disebabkan oleh produksi hormon insulin atau gangguan glandular.

  1. Merokok

Merokok dapat membuat bibir orang yang memakai rokok akan terlihat hitam, selain itu rokok juga ternyata dapat membuat kulit ketiak menghitam dan rokok dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan.

  1. Bahan kimia

Pemakaian deodorant memang membuat anda tampil percaya diri karena beberapa tawaran akan manfaat yang dari pemakaian deodoran. Akan tetapi tahukah anda bahwa tentunya deodoran memiliki kandungan zat kimia yang dapat menyebabkan kulit ketiak anda menjadi hitam.

  1. Masa kehamilan

Pada wanita hamil telah terjadi perubahan hormon estrogen dan hormon progesteron yang dapat mempengaruhi produksi melanin sehingga akan mempengaruhi warna ketiak anda menjadi hitam. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here