Penyebab Leukimia pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anak-anak adalah kelompok yang paling sering terkena Leukimia, hampir 60% penderita Leukimia adalah anak-anak, yang paling banyak ditemui pada usia anak sekitar 2-6 tahun.

Leukimia atau kanker darah adalah suatu keganasan sel darah yang berasal dari sumsum tulang ditandai dengan adanya peningkatan sel darah putih (leukosit) abnormal.  Pada penderita leukimia sel darah putih yang dihasilkan tidak dapat  berfungsi dengan baik dan berlebihan, jumlah yang berlebihan ini akan menumpuk pada sumsum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang. Banyaknya sel darah putih yang di produksi kanker ini dikenal juga dengan sebutan kanker sel darah putih.

Gejala yang biasa terjadi pada anak yang terkena Leukimia adalah demam dan mudah terkena infeksi, anemia, nyeri tulang, kelenjar bengkak, mudah berdarah dan memar. Mimisan, Perdarahan gusi, Kesulitan bernafas, Kehilangan nafsu makan, Berat badan rendah, Sakit kepala, Hati dan limpa membesar, Keringat berlebihan pada malam hari, Munculnya bintik-bintik merah kecil pada kulit, keadaan ini dikenal sebagi Petechiae.

Penyebab dari penyakit ini belum secara pasti ditemukan namun berikut adalah beberapa penyebab yang diduga menjadi penyebab dari terserangnya anak dengan leukimia:

  • Radiasi. Ini menjadi salah satu penyebab Leukimia pada anak radiasi dapat menjadi penyebab karena paparan radiasi bisa menyebabkan bagian tubuh mengalami penurunan fungsi dan bisa juga merusaknya.  Radiasi yang mengenai bagian sumsum tulang belakang maka akan menyebabkan sel kanker di sumsum tulang belakang sehingga menyebabkan dihasilkannya sel darah tidak normal. Radiasi besar dan kecil dapat mengakibatkan tubuh terkena leukimia. Radiasi terbesar bisa di dapatkan dari bom atom, sumber radiasi lain juga bisa di dapatkan dari kemoterapi untuk menyembuhkan kanker.
  • Genetik. Penyebab penyakit leukemia bisa dialami pada anak anak juga dan biasanya jika leukemia dialami sejak dini karena di sebabkan oleh faktor genetik, jika ada salah satu anggota keluarga terutama orang tua anak menderita Leukimia maka anak mempunyai potensi lebih besar.
  • Racun zat kimia. Ini bisa menjadi penyebab leukemia karena bahan kimia dapat merusak organ tubuh. baik di minum atau pun terhirup, bisa menyebabkan organ tubuh mengalami masalah pada fungsinya dan akibatnya organ tersebut menjadi rusak. Jika zat kimia tersebut menyerang sumsum tulang belakang dan mengakibatkan bagian tersebut rusak maka bisa menurunkan fungsinya dan menghasilkan sel darah merah. Beberapa zat kimia yang telah diidentifikasi dapat mempengaruhi frekuensi leukemiaacun lingkungan seperti benzena, bahan kimia industri seperti insektisida, atau obat untuk kemoterapi.
  • Merokok. Tidak hanya penyakit paru paru saja yang bisa di sebabkan oleh rokok tetapi penyakit kanker pun juga, dan penyebab penyakit leukemia salah satunya juga bisa di sebabkan oleh rokok. akibat dari merokok bisa menimbulkan begitu banyak penyakit salah satunya penyakit leukemia. Karena dengan merokok sama saja meracuni tubuh dan menyebabkan gangguan kesehatan tubuh lama kelamaan jika di gunakan terlalu sering. Oleh sebab itu rokok bisa menjadi penyebab leukemia apabila di gunakan secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama.
  • Down syndrom. Penderita down syndrom memiliki insidensi leukemia akut 20 kali lebih besar dari orang normal.
  • Virus. Salah satu penyebabnya bisa disebabkan oleh virus seperti retrovirus, virus leukemia feline, HTLV-1 pada dewasa.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY